Wawako Padang Resmikan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat Kurao Pagang

"Rumah pustaka ini diharapkan dapat mendorong minat baca masyarakat untuk melek literasi"
Pemotongan pita saat peresmian Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat (RP-PAM) di Kelurahan Kurao Pagang (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa meresmikan Rumah Pustaka dan Peduli Arsip Masyarakat (RP-PAM) di Kelurahan Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Minggu (04/08/2019).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Derah II Arsip Nasional RI Wawan Sumanak, Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Provinsi Sumatera Barat Wadarusmen, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muhidi, Kadis Perpustakaan dan Kerasipan Kota Padang Muji Susilawati, Camat Nanggalo Teddy Antonius dan unsur Forkopimka setempat.

Dalam kesempatan tersebut, wawako Hendri mengaku bersyukur dan menyambut baik hadirnya rumah pustaka kurao pagang ini. Dengan hadirnya rumah pustaka ini diharapkan dapat mendorong minat baca masyarakat untuk melek literasi.

"Mendirikan rumah pustaka di tengah-tengah lingkungan masyarakat tentu dapat mendekat buku-buku dengan masyarakat yang selama ini buku hanya bisa dipinjam di Pustaka Daerah dan Pustaka Keliling," ujarnya.

Wawako Hendri menjelaskan, salah satu bentuk keprihatinan dewasa ini adalah persoalan minat baca masyarakat Indonesia yang hari kehari semakin menurun. Persoalan ini dipengaruhi perkembangan teknologi informasi yang kian pesat sehingga masyarakat lebih cendrung memainkan teknologi ketimbang membaca buku.

"Kita lihat sekarang, anak-anak umur lima tahun sudah pada pintar memainkan Smart Phone ketimbang belajar dan membaca buku. Ini perlu menjadi perhatian bersama, bagaimana kita selaku orang tua dapat mengawal anak-anak dalam melek teknologi, " terangnya.

Wawako Hendri berharap, rumah pustaka ini akan mendorong masyarakat terutama anak-anak untuk rajin membaca sehingga generasi muda Kota Padang menjadi generasi cerdas dan pintar. "Kita tentu menyadari dengan membaca maka keilmuan dan pengetahuan kita akan bertambah," pungkas wawako Hendri mengakhiri.

Sementara itu, Direktur Daerah II Arsip Nasional RI Wawan Sumanak mengatakan, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia betugas mengarsipkan ... Baca halaman selanjutnya