Aktivis Hong Kong Serukan Pemogokan Massal untuk Lumpuhkan Aktivitas Kota

"Banyak keberangkatan penerbangan dibatalkan pada hari Senin (5/8) karena pekerja penerbangan berencana untuk mogok."
Aktivis demokrasi di Hong Kong menyerukan pemogokan umum yang bertujuan menghentikan ketika protes kemarahan terhadap pengaruh Cina meningkat. (ABS-CBN News)

KLIKPOSITIF - Aktivis demokrasi di Hong Kong menyerukan pemogokan umum yang bertujuan menghentikan ketika protes kemarahan terhadap pengaruh Cina meningkat.

Pada akhir pekan kesembilan berturut-turut kerusuhan, ratusan demonstran bertopeng memulai kebakaran, memblokir jalan-jalan utama, lampu lalu lintas yang dicat semprot dan melemparkan benda-benda termasuk batu bata di kantor polisi.

Polisi anti huru hara menembakkan gas air mata untuk mengusir pengunjuk rasa di daerah perbelanjaan yang populer, memaksa toko dan mal, termasuk Times Square, tutup lebih awal. Banyak keberangkatan penerbangan dibatalkan pada hari Senin (5/8) karena pekerja penerbangan berencana untuk mogok.

"Kami menyemprot lampu lalu lintas karena kami tidak ingin lalu lintas bekerja besok dan kami tidak ingin warga pergi bekerja," kata seorang pemrotes yang berpakaian serba hitam.

Para pengunjuk rasa Hong Kong dipukul dengan tembakan gas air mata oleh polisi anti huru hara. Para pengunjuk rasa, yang menuduh Partai Komunis China melanggar batas kebebasan mereka, telah mengadopsi taktik cepat, bergerak cepat dari satu tempat ke tempat lain untuk menghindari penangkapan dan menggunakan platform online seperti Telegram untuk mengarahkan ratusan orang.

Setelah rapat umum di distrik barat pulau itu, tempat ribuan orang berkumpul pada hari Minggu untuk mendesak pihak berwenang mendengarkan tuntutan publik, polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa.

Beberapa demonstrasi selesai dengan damai, tetapi para aktivis kemudian memblokir jalan-jalan di kota Tseung Kwan O danmendirikan barikade.

Dilansir dari laman Aljazeera, mereka juga menghentikan lalu lintas dari memasuki Cross Harbour Tunnel yang menghubungkan pulau Hong Kong dan semenanjung Kowloon.

Polisi Hong Kong menembakkan gas air mata setelah pengunjuk rasa merusak kantor polisi. Para pengunjuk rasa Hong Kong bersumpah untuk menghadapi ... Baca halaman selanjutnya