Antisipasi Pekat, Kelurahan di Payakumbuh Lakukan Hal Ini

"Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kemasyarakatan khususnya tentang penyakit masyarakat (pekat)."
Sosilisasi pekat di Kelurahan Sapaku Kecamatan Payakumbuh Selatan, Selasa (6/8). (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Payakumbuh terus gencar melakukkan penguatan kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di Kota Randang itu.

Hal itu tampak dari pemanfaatan Alokasi Dana Kelurahan (ADK) di setiap kelurahan, salah satunya dengan melakukan sosialisasi kemasyarakatan khususnya tentang penyakit masyarakat (pekat).

Selasa, (6/8) Bertempat di kantor Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kecamatan Payakumbuh Selatan digelar Sosialisasi Pekat bagi puluhan warga yqng terdiri dari pengurus RT, RW, PKK, LPM, dan Karang Taruna.

Sekretaris Satpol PP Kota Payakumbuh, Erizon dalam sosialisasi tersebut memberikan materi tentang Perda Pekat dan Ketertiban Umum yang sudah dimiliki oleh Kota Payakumbuh, dengan menerangkan isi dan sanksi dalam Perda tersebut, diharapkan masyarakat dapat menyampaikan informasi tersebut kepada keluarga.

"Kita juga menampung laporan dan masukan dari masyarakat, dan akan menjadi bahan evaluasi kita, dalam beberapa kali sosialisasi yang digelar kelurahan dan kecamatan, memang sekali dayung dua pulau terlampaui, sangat efektif sekali," kata Erizon.

Sementara itu Lurah Sapaku, Novri mengatakan berbagai sosialiasi yang digelar akan di sinergikan dengan sosialisasi lain untuk memberdayakan masyarakat, arahan dari Walikota Payakumbuh Riza Falepi adalah agar pembangunan fisik di Payakumbuh dapat juga didukung oleh pembangunan SDM.

"Melalui ADK, kita sudah alokasikan sebanyak 30 persen untuk pemberdayaan masyarakat, diharapkan transfer ilmu melalui kegiatan sosialisasi dapat menyentuh langsung ke lini terkecil di masyarakat kita," jelasnya. (*)