Hingga Semester I 2019, Baznas Pasbar Telah Salurkan Zakat Rp 3,5 Miliar

"Penyaluran terbesar dilakukan di bulan Mei tepatnya pada bulan Ramadan"
Ketua Baznas Pasaman Barat, H.Fakhrizal Dahlan, S.Ag (Irfan Pasaribu/KLIKPOSITIF)

PASBAR, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Basnas) Kabupaten Pasaman Barat pada semester satu tahun 2019 telah menyalurkan sebanyak Rp 3,5 miliar dana zakat.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Baznas Pasaman Barat Fakhrizal Dahlan kepada KLIKPOSITIF, Selasa 6 Agustus 2019. "Dari Januari hingga per 30 Juni 2019, Baznas Pasbar telah menyalurkan Rp 3,5 milyar," kata Fakhrizal.

Penyaluran terbesar dilakukan di bulan Mei tepatnya pada bulan Ramadan. Sekitar Rp 2 miliar zakat dibagikan kepada 4500 mustahik.

Selain itu, sesuai dengan rencana kerja  anggaran tahunan (RKAT), Baznas Pasbar memiliki beberapa program yang telah disalurkan, seperti bantuan biaya pendidikan, bantuan pengobatan dan program lainnya sesuai dengan ketentuan zakat.

"Namun untuk tahun 2019 kita akan fokus pada program pengentasan kemiskinan. Kita ingin mengangkat derajat manusia, dalam artian akan memberikan bantuan modal usaha yang lebih besar," katanya. 

Dengan membantu modal usaha yang lebih besar, tentunya usaha yang dijalankan dapat lebih terarah. Namun untuk jumlah warga yang dibantu di tahun 2019 tidak sebanyak di tahun 2018 lalu.

Lanjut Fakhrizal menjelaskan, sedangkan untuk target di tahun 2019, Baznas Pasbar menargetkan penerimaan zakat mencapai Rp 7,5 miliar. Untuk pertengahan tahun ini, zakat yang sudah dikumpulkan sudah mencapai Rp 4,1 miliar.

Melihat kondisi itu, dia optimis target yang direncanakan bisa tercapai. Sebab, berkaca dari tahun sebelumnya melebihi target Rp 6,5 miliar.

"Namun yang sangat disayangkan untuk penyaluran zakat dari pihak anggota legislatif daerah Pasaman Barat sendiri masih nol hingga saat ini. Padahal pihak Baznas dan DPRD Pasbar sudah beberapa kali membahas tentang zakat, tapi yang membahas tidak pernah menyalurkan zakatnya lewat Baznas Pasbar, ini kan lucu," ucap Fakhrizal.

Sedangkan dari pihak swasta sendiri, seperti perusahaan perkebunan, yang ada di Pasbar ... Baca halaman selanjutnya