Studi: Kasus Kanker Kolorektal Meningkat di Kalangan Dewasa

"51,6 persen dari mereka yang berusia di bawah 50 tahun didiagnosis dengan kanker kolorektal stadium lanjut (stadium III / IV) "
ilustrasi (Pexels)

KLIKPOSITIF - Penelitian baru di AS menemukan bahwa tingkat kanker kolorektal pada orang dewasa Amerika di bawah usia 50 meningkat.

Para peneliti di The University of Texas di Austin dalam studi terbarunya melihat informasi yang dikumpulkan dari National Cancer Database registry, yang mencakup lebih dari 70 persen kasus kanker baru di Amerika Serikat, untuk melihat tren dalam kasus kanker kolorektal sejak 1970.

Temuan yang diterbitkan dalam CANCER, jurnal yang ditinjau oleh rekan-rekan dari American Cancer Society, menunjukkan bahwa jumlah orang dewasa Amerika yang didiagnosis dengan kanker kolorektal di bawah usia 50, terus meningkat selama dekade terakhir, naik dari 10 persen pada 2004 menjadi 12,2 persen pada 2015.

Selain itu, 51,6 persen dari mereka yang berusia di bawah 50 tahun didiagnosis dengan kanker kolorektal stadium lanjut (stadium III / IV) yang lebih maju dibandingkan dengan 40 persen dari mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Orang dewasa keturunan Afrika-Amerika dan Hispanik di bawah 50 juga menunjukkan tingkat kanker kolorektal yang lebih tinggi daripada orang kulit putih non-Hispanik di bawah 50.

Tingkat diagnosis kanker kolorektal pada orang dewasa muda juga telah meningkat di seluruh tingkat pendapatan, meskipun tingkat diagnosis tertinggi ditemukan dalam kategori pendapatan teratas.

"Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa tingkat kanker kolorektal pada orang dewasa yang lebih muda telah meningkat secara perlahan di AS sejak tahun 1970-an, tetapi untuk dokter praktik, rasanya seperti kita melihat semakin banyak orang muda dengan kanker kolorektal sekarang daripada kita bahkan 10 tahun lalu, "kata penulis utama Dr. Boone Goodgame.

"Sampai tahun lalu, pedoman merekomendasikan skrining kanker usus besar dimulai pada usia 50. Sekarang banyak pedoman merekomendasikan skrining pada usia 45, tetapi kebanyakan dokter dan pasien tampaknya tidak mengikuti rekomendasi ... Baca halaman selanjutnya