Underpass dan Fly Over Solusi Meminimalisir Kecelakaan Kereta Api di Padang

"Saat ini yang telah berjalan progress di daerah Duku, dan telah ada Detail Enginering Design (DED)"
Perlintasan kereta api di Tabing, Kota Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Persoalan kecelakaan lalu lintas yang disebabkan di perlintasan kereta api sebidang di Sumbar khususnya di Kota Padang terus mengeliding bagaikan bola salju.

Apalagi sejak 2016-2019 tercatat jumlah korban kecelakaan yang meninggal dunia diperlintasan akibat kereta api sebanyak 24 korban, kemudian sbanyak 39 orang mengalami luka-luka.

Terkait dengan persoalan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, pihaknya berencana membangun underpass atau fly over di perlintasan rel kereta api guna meminimalisir angka kecelakaan di tempat itu. Dia mengungkapkan saat ini yang telah berjalan progress di daerah Duku, dan telah ada Detail Enginering Design (DED).

"Ada beberapa jalur kita (underpass, red) menyebrangi kereta api, contohnya Duku. InsyaAllah sekarang sudah selesai DED, nanti tahun depan kita mulai bangun. Kemudian juga ada beberapa perlintasan yang dipetakan agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas pada jam-jam sibuk dan guna menghindari kecelakaan," kata Nasrul Abit, Rabu, 7 Agustus 2019.

Nasrul menyebutkan, sat ini jumlah perlintasan sebidang liar yang memotong jalur kereta api di Sumbar mencapai 531 titik. Sementara yang ilegal dan masih digunakan masyarakat sebanyak 176, namun yang dijaga hanya 45. Pada titik itulah sering terjadi kecelakaan yang melibatkan kereta api tertemper dengan kendaraan masyarakat, khusunya di jalur Kota Padang-Pariaman.

Melihat kondisi itu, Nasrul Abit juga mengusulkan, agar pelajar diberi piket untuk menjaga palang pintu perlintasan kereta api. Sebab jumlah perlintasan sebidang cukup banyak. Bahkan sebagian besar tidak dijaga. Sebab tak mungkin mengandalakan personel kereta api menjaga seluruhnya. Ini butuh bantuan masyarakat.

"Terlebih lagi reaktivasi jalur kereta api telah dilakukan bertahap, seperti dari Pulau Air menuju Stasiun Simpang Haru, Padang," ungkap Nasrul Abit pada ratusan siswa yang mengikuti Sosialisasi Keselamatan ... Baca halaman selanjutnya