Fadli Zon: Jangan Kriminalisasi Pohon Sengon

"harus ada penjelasan dari pakar di bidangnya jika memang kabar pohon sengon tersebut benar adanya"
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Suara.com)

KLIKPOSITIF -- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon angkat bicara menyoal kabar pohon sengon yang disebut menjadi biang keladi listrik padam secara masal di separuh Pulau Jawa pada Minggu (4/8/2019).

Menurutnya harus ada penjelasan dari pakar di bidangnya jika memang kabar pohon sengon tersebut benar adanya. Namun ia meminta, agar tidak ada pihak yang menyalahkan pohon sengon atas insiden mati listrik atau blackout.

"Harusnya yang bilang pohon sengon ahli dong masa jangan krininalisasi pohon sengon lah," kata Fadli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT PLN (persero) Sripeni Inten Cahyani menepis kabar yang menyebut pohon sengon menjadi penyebab terjadinya mati listrik secara massal atau Blackout di sejumlah daerah termasuk di Jakarta.

Sripeni menegaskan bahwa penyebab blackout bukan karena pohon sengon. Melainkan karena faktor lainnya yang ia sendiri belum bisa menyebutkan lantaran masih investigasi.

"Enggak (bukan akibat pohon sengon). Jadi kompleks, sistem Jawa-Bali itu sangat kompleks. Rekan-rekan perlu pahami bahwa sistem Jawa-Bali itu sangat kompleks, ada 250 pembangkit, kemudian 5.500 gardu induk, 5.000 KM sirkuit transmisi 500 KV dan 7.000 KM transmisi 150 KV," tutur Sripeni di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Kendati belum dapat dipastikan apa penyebab blackout, namun ia berujar bahwa mati listrik massal selama berjam-jam itu tidak disebabkan oleh satu faktor saja semisal pohon.

"Jadi kalau persoalan pemadaman kemarin, itu bukan penyebab tunggal. Jadi mohon izin, berikan kami waktu untuk melakukan investigasi dan assesment dengan menyeluruh," kata Sripeni. (*)