Pemko Pariaman akan Terapkan Tanda Tangan Elektronik

"Pemko Pariaman harus mendapat pengakuan hukum dari Lembaga Sandi Negara"
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF-- Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, memantapkan kajian tentang sistem tanda tangan elektronik untuk menuju Kota Smart City. Pemko Pariaman, tengah berupaya mendapatkan pengakuan hukum dari Lembaga Sandi Negara untuk menerapkan sistem tersebut.

Pemko Pariaman mengundang pihak Pemko Semarang untuk berbagi pengetahuan karena dinilai berhasil menerapkan sistem tanda tangan elekronik, Rabu 7 Agustus 2019.

"Sebelumnya, beberapa surat di Pemko Pariaman sudah diterapkan tanda tangan elekronik, namun belum semuanya, " sebut Genius Umar, Wali Kota Pariaman, saat sosialisasi tanda tangan elektronik dan berbagi pengetahuan dengan Pemko Semarang.

Dikatakannya, untuk surat perjalanan dinas pihaknya akan diterapkan sistem itu pada bulan depan.

"Baru untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kami terapkan, bulan depan untuk seluruh organisasi perangkat, ini diterapkan. Namun tidak semestinya untuk semua berkas, ada beberapa berkas yang tidak relevan dengan sistem tanda tangan elektronik," ungkap Genius.

Genius menjelaskan, regulasi untuk legalitas penerapan tanda tangan elektronik, pihaknya harus mendapat pengakuan hukum dari Lembaga Sandi Negara.

"Nah, perihal sistem ini kami tinggal satu langkah lagi, yaitu terkait pengakuan hukum. Pengakuan hukum tersebut didapat dari pihak Lembaga Sandi Negara, " jelas Genius Umar.

Dia menyebut, banyak keuntungan yang didapat dengan sistem tanda tangan elektronik itu. "Sitem ini lebih efisiens, lebih cepat dan lebih cerdas untuk diterapkan, " sebut orang nomor satu di Kota Tabuik itu.

[Rehasa]