DLH Pessel Dapat Bantuan Pengangkut Sampah Senilai Rp2,3 Miliar dari Pusat

"jenis kendaraan pengangkut sampah yang didapat, diantaranya berupa dua unit damtruk, dua unit ambrol, serta lima unit kendaraan roda tiga, 10 unit gerobak dan empat unit konteiner."
Kepala DLH Pessel, Jumsu Trisno (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupeten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendapatkan bantuan sejumlah armada pengakut sampah senilai Rp2,3 miliar dari pemerintah pusat.

Kepala DLH Pessel, Jumsu Trisno mengungkapkan, rencana bantuan tersebut bakal direalisasikan pada tahun 2020, dan bantuan tersebut dikucurkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Nama bantuannya DAK pengelolaan lingkungan hidup yang nilai Rp2,3 miliar total semua," ungkap Jumsu Trisno kepada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, jenis kendaraan pengangkut sampah yang didapat, diantaranya berupa dua unit damtruk, dua unit ambrol, serta lima unit kendaraan roda tiga, 10 unit gerobak dan empat unit konteiner.

"Dan sekarang kita lagi menunggu proses verifikasi dari dokumen yang telah kita usulkan," terangnya.

Lanjutnya, pemanfatan sejumlah armada tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan daerah, dinataranya juga difokuskan untuk destinasi wisata dan sejumlah nagari yang mengusul.

"Yang kita utamakan untuk nagari percontohan, seperti Nagari Mandeh, karena nagari tersebut berdampingan dengan kawasan wisata," jelasnya.

Sedangkan, untuk pemanfaatan bantuan damtruk dan ambrol sendiri akan dikelola oleh Bidang Kebersihan di Dinas Pekerjaan Umum (PU), untuk menjalani kegiatan rutin pengakut sampah.

"Tapi semua pengadaannya melalui Dinas LH Pessel dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),"tutupnya. (Kiki Julnasri)