PHU Jelaskan Tidak Ada Sisa Kuota Haji

"Pengisian kuota jemaah tambahan juga dengan pertimbangan optimalisasi kloter tiap embarkasi sehingga tidak dimungkinkan kuota yang tersisa di suatu embarkasi dilimpahkan ke embarkasi lain karena dari sisi biaya penerbangan dan kapasitas berbeda"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Beredar berita di beberapa media massa tentang banyaknya sisa kuota haji reguler pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

Menanggapi hal tersebut Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sub Direktorat Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler Wahyu Utomo memberikan klarifikasi istilah "sisa kuota haji" yang diberitakan mencapai ratusan.

"Jadi sebetulnya istilah yang tepat bukan 'sisa kuota' tetapi jemaah haji yang batal atau menunda keberangkatan," kata Wahyu saat ditemui di ruang kerjanya Jakarta, Rabu (7/8/2019) malam.

Pada dasarnya seluruh kuota haji reguler sebanyak 214.000 orang yang berasal dari kuota utama (204.000) dan kuota tambahan (10.000) menurut Wahyu telah terserap seluruhnya. Hal itu dibuktikan dengan jumlah jemaah yang telah melunasi melebihi dari total kuota.

"Sampai dengan akhir masa pelunasan, jumlah jemaah yang telah melunasi BPIH mencapai 217.533 orang. Jumlah tersebut termasuk kuota jemaah haji cadangan yang kami siapkan sebanyak 5%," terang Wahyu melanjutkan penjelasannya.

Bahkan disebutkan pula oleh Wahyu upaya pemenuhan kuota sampai menambah waktu pelayanan pelunasan hingga tahap kelima. Penambahan waktu pelunasan tersebut agar kuota tambahan dapat terserap seluruhnya.

Terkait dengan tambahan kuota 10.000, Wahyu juga menjelaskan bahwa tambahan kuota diterima pada pertengahan April di saat pelunasan BPIH tahap kedua sedang berjalan.

"Kami menerima kuota tambahan saat pelunasan tahap kedua sedang berlangsung dan akan berakhir 10 Mei 2019, sehingga waktu untuk proses pengurusan dokumen, pemberitahuan, pembuatan paspor, pemeriksaan kesehatan dan lain-lain sangat terbatas," ungkap Wahyu yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pendaftaran Haji Reguler.

Berikutnya disampaikan Wahyu tentang pembagian sebaran kuota tambahan ke dalam kloter yang sangat variatif. Dijelaskannya bahwa proses pengisian kuota tiap ... Baca halaman selanjutnya