Masuk Daerah Rawan Kebakaran Hutan, Pemkab Pessel Belum Miliki Satgas Karhutla

"Mudah-mudahan Agustus ini terbentuk"
Ilustrasi (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengakui belum membentuk Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sampai saat ini.

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Pessel, Jumsu Trisno. Sebab, sejauh ini Pemkab masih dalam persiapan dan akan segera membentuknya.

"Mudah-mudahan Agustus ini terbentuk," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Jumsu Trisno saat diwawancara wartawan di Painan.

Ia menjelaskan, pembentukan Satgas Karhutla saat ini memang sudah suatu keharusan. Selain instruksi Presiden, saat ini semenjak Dinas Kehutanan diambil alih provinsi tidak ada lagi instansi khusus untuk hal tersebut.

"Ya memang, saat Dinas Kehutanan tidak lagi ada ke Pessel. Sekarang diambil alih provinsi, yakni KPHP," jelasnya.

Saat ini, lanjut Jumsu, pemerintah daerah telah melakukan rapat koordinasi terkait pembentukan Satgas Karhutla, dan itu langsung dibawah koordinasi Asisten II Pemkab Pessel.

"Itu rapat koordinasinya bersama Asisten II Pemerintah Kabupaten. Jadi mungkin koordinasi di bawah asisten II," terangnya.

Terpisah, Asisten II, Mimi Riarty Zainul membenarkan, jajaran Pemkab Pessel akan melakukan rapat koordinasi secepatnya. Karena memang sejauh ini belum ada Satgas Karhutla dari Pemkab Pessel.

"Kalau sebelumnya belum dibentuk, saya kurang tau juga. Saya baru sebagai Asisten II," pungkasnya.

Sebelumnya, Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mencatat seluas 500 hektare lebih terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pesisir Selatan.

Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mencatat Karhutla diantaranya terjadi Agustus 2018 dengan luas 437,97 hektare, serta Juli dan Agustus 2019 seluas 13 hektare.

"Itu berada di sekitar daerah rawa antara lain. Modusnya pembukaan lahan," ungkap Mardianto saat diwawancarai ... Baca halaman selanjutnya