Selama Agustus, Posyandu Berikan Kapsul Vitamin A Gratis Bagi Balita

"Pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun ini selain diberikan kepada bayi dan balita juga diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang rentan mengalami kekurangan vitamin A"
Petugas Kesehatan sedang memberikan kapsul vitamin A kepada bayi yang datang ke pos yandu Lestari I Dusun Selatan Desa Kampung Baru, Kamis 8 Agustus 2019. (Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada bulan Februari dan Agustus. Pada bulan Februari dan Agustus Pemerintah akan memberikan kapsul vitamin A kepada bayi dan balita di usia 6-59 bulan.

Rozy salah seorang Bidan yang ditugaskan di Desa Kampung Baru mengatakan bahwa kegiatan pemberian vitamin A ini adalah kegiatan yang dilakukan secara Nasional.

Di bulan Agustus ini selain Bidan Desa, juga diturunkan tim khusus dari Puskesmas yang ada di Kota Pariaman untuk memperhatikan gizi serta memberikan vitamin A kepada bayi dan balita usia 6-59 bulan.

"Kekurangan Vitamin A pada anak akan bisa meningkatkan resiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare serta kebutaan, selain itu kami juga memberikan obat cacing dan memeriksa garam dapur yang dibawa oleh ibu-ibu yang datang ke Pos Yandu untuk diperiksa apakah garam tersebut beryodium atau tidak," ujar Fitri, ahli gizi Puskesmas Pauh, di Pos Yandu Lestari, Kamis 8 Agustus 2019.

Lebih lanjut dikatakannya, obat cacing diberikan pada anak yang sudah berumur diatas satu tahun, diantaranya bergunanya untuk membasmi berbagai jenis cacing dalam tubuh anak dan juga bisa mengurangi kondisi stunting pada anak, sedangkan pemeriksaan garam beryodium gunanya untuk menghindari mereka terjangkit dari penyakit gondok.

"Pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi yang dilakukan 2 kali dalam satu tahun ini selain diberikan kepada bayi dan balita juga diberikan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang rentan mengalami kekurangan vitamin A," jelasnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, di bulan kapsul vitamin A ini ada dua kapsul yang diberikan kepada bayi dan balita yaitu kapsul yang berwarna biru diberikan untuk bayi yang berumur 6-11 bulan dan kapsul merah diberikan untuk anak umur 12-59 bulan.

"Nah, kapsul ini penting diberikan karena dengan adanya ... Baca halaman selanjutnya