Bupati Pessel Minta Baznas Bangun Rumah Korban Abrasi Pantai di Amping Parak

Korban abrasi pantai di Pessel
Korban abrasi pantai di Pessel (Istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Bupati Pesisir Selatan , Hendrajoni meminta Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) untuk mengakomodir satu rumah keluarga yang ambruk diterjang abrasi di Kampung Ujung Air, Nagari Ampingparak, Kecamatan Sutera.

Hendrajoni menyangka, bahwa bantuan rumah tersebut sudah direalisasikan oleh Baznas Pessel . Sebab, jauh sebelumnya hal tersebut sudah dikoordinasi melalui Baznas .

"Itu diminta melalui Baznas . Baznas yang akan menangani. Saya belum tahu kalau belum terlaksana," ungkap Hendrajoni saat dihubungi KLIKPOSITIF , Kamis 8 Agustsus 2019.

Baca Juga

Ia menyebut, jika rumah tertimpa abrasi di daerah itu sudah dikunjungi bersama tim, dan meminta pembangunan rumah tersebut dibangun melalui bantuan dari Baznas .

"Coba datangi kembali ke BAZ. Karena itu sudah saya perintahkan ke BAZ (melalui proposal)," terangnya.

Terpisah, Ketua Baznas Pessel , Yuspardi mengaku, belum menerima proposal terkait bantuan rumah tersebut, dan sejauh ini masih menunggu proposalnya untuk direalisasikan.

"Kita masih menunggu roposalnya. Jika sudah masuk proposalnya kita laksanakan," ujarnya.

Sebelumnya, satu keluarga di Nagari Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan -Sumatera Barat tagih janji bantuan rumah oleh pemerintah daerah setempat.

Cerita ini terungkap dari pasangan suami dan istri (Pasutri) Marsijon (45) dan Mayati (40) tepatnya setelah rumah mereka ambruk diterjang gelombang laut, pada 9 Oktober 2018. Akibatnya hingga saat ini, mereka masih menumpang di rumah keluarga.

"Bersama empat orang anak saya, kami sekarang tinggal menumpang dirumah mertua. Karna rumah kami tidak bisa ditempati lagi akibat dihantam gelombang itu," sebut Mayati saat ditemui awak media, Rabu 7 Agustus 2019.

Ia memaparkan, semenjak musibah menimpanya itu, hingga kini belum ada tanggapan dari pihak manapun termasuk pemerintah. Padahal, pasca kejadian berbagai instansi ikut melihat dan memantau. Bahkan Bupati Pessel sempat menjanjikan akan diberi bantuan rumah.

"Saat bupati melihat langsung, bupati menyampaikan akan membangun kembali rumah. Tapi sampai saat ini, belum ada kejelasannya," ungkapnya.

Mayati menyebutkan, terkait syarat-syarat yang disuruh oleh pemerintah setempat sudah dilengkapi. Bahkan sudah dua kali mengajukan proposal melalui pemerintah nagari.

"Saya sudah dua kali mengantarkan proposal. Tetapi hingga kini belum ada tanggapan. Dan kami tetap iklas, walaupun sudah banyak dijanjikan," ungkapnya lagi.

[Kiki Julnasri]

Baca Juga

Penulis: Iwan R

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com