Sikat Gigi Massal Digelar di SDN 9 Kampung Apar Pariaman

"Kegiatan ini merupakan edukasi tentang kesehatan gigi oleh Dokter Gigi dan terapis gigi dan mulut"
Seorang dokter gigi ajarkan siswa cara menggosok gigi yang benar di SDN 09 Kampung Apa Pariaman Selatan (Istimewa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman - Sumbar menggelar Sikat Gigi Massal di SDN 09 Kampung Apar Kecamatan Pariaman Selatan.

"Hal ini dilakukan agar para siswa mulai sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut dan bagaimana untuk menyikat gigi yang baik dan benar,” ujar Kepala UPTD Puskesmas Marunggi, Ulil Amri, Kamis 8 Agustus 2019.

Kegiatan Sikat Gigi Massal ini merupakan program rutin tahunan yang sasarannya pada murid baru Sekolah Dasar (SD) atau murid kelas 1 SD yang mencakup wilayah kerja Puskesmas Marunggi. Tim terdiri Kepala UPTD Puskesmas Marunggi, Ulil Amri didampingi pengelola Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), drg Darma Netti dan pengelola Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS), Ria Silviani.

"Kegiatan ini merupakan edukasi tentang kesehatan gigi oleh Dokter Gigi dan terapis gigi dan mulut, demonstrasi sikat gigi di dalam kelas dengan menggunakan model gigi, dan praktek sikat gigi bersama dengan cara sikat gigi yang baik dan benar," jelas Ulil Amri.

Program yang diberi nama Sikat dengan Giat (Prestasi Meningkat dengan Gigi yang Sehat) ini sekaligus melantik Duta Gen Giat yaitu Duta Generasi Gigi Sehat yang merupakan bagian dari Dokter Kecil yang bertugas memantau kesehatan gigi anak sekolah dan memandu kesehatan sikat gigi massal.

Nantinya, diharapkan setiap sekolah semua siswa dapat melaksanakan sikat gigi masal ini sekurangnya satu kali seminggu dan kepada orangtua siswa dan guru untuk tetap melanjutkan menjaga kesehatan gigi baik dirumah dan disekolah agar mereka tidak lupa dengan pelajaran yang sudah didapat dari kegiatan sikat gigi massal ini.

[Rehasa]