Siswa SD di Kota Padang Ramai - ramai Jadi Peserta Kurban

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa arti sebuah keikhlasan dalam berqurban serta mempererat kebersamaan dan toleransi"
Siswa SDN 18 Kampung Lapai Padang sedang memperagakan kurban telur mereka (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 18 Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang berupaya menumbuhkan jiwa berkurban kepada siswa mereka. Uniknya, bukan dengan sapi atau kambing mereka berkurban melainkan dengan telur ayam.

Guru Pendidikan Agama Islam SDN 18 Kampung Lapai Erman menjelaskan, setiap siswa diwajibkan membawa tiga sampai lima butir telur ayam sebagai peserta kurban. Kemudian telur tersebut nanti dibagikan kepada siswa yang kurang mampu dan warga sekitar yang dirasa membutuhkan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa arti sebuah keikhlasan dalam berqurban serta mempererat kebersamaan dan toleransi," ujarnya, Kamis, 8 Agustus 2019.

Erman yang juga bertindak sebagai Ketua panitia mengatakan, kegiatan tersebut telah mendapat persetujuan dari wali murid dan kepala sekolah. Bahkan rencananya kegiatan positif itu akan dijadikan agenda tahunan setiap akan masuk hari raya idul adha.

"Kami berharap ini menjadi agenda tahunan, sebab dengan menggunakan telur tidak terlalu memberatkan bagi wali murid," katanya.

Dia berharap, latihan berkurban sejak dini bisa tertanam dalam diri siswa hingga mereka dewasa dan telah layak secara ekonomi untuk berkurban.

"Telur hanya pemantik saja, poin pentingnya adalah menanam jiwa berkurban dari dini," tukasnya. (*)