Jika Meninggal di Luar Angkasa, Ini Lima Perlakuan pada Tubuh Astronot

"Jauhnya perjalanan yang ditempuh para astronot dan medan yang berbahaya menjadi faktor banyaknya angka kematian di luar angkasa"
ilustrasi astronot (net)

KLIKPOSITIF -- Segala hal di luar angkasa memang penuh dengan jutaan misteri sehingga ilmuwan berambisi menempatkan banyak astronot ke luar angkasa di masa depan. Namun, tak banyak yang tahu apa yang akan terjadi pada tubuh mereka jika astronot meninggal di luar angkasa.

Sejauh ini, 18 orang telah meninggal di luar angkasa, sebagian besar astronot yang meninggal diantaranya adalah astronot NASA (14 orang). Sebelumnya, perjalanan terjauh manusia di luar angkasa adalah perjalan ke Bulan dan penelitian serta pemantauan melalui ISS (International Space Station) yang mengorbit Bumi.

Saat ini, ilmuwan yang tergabung di NASA maupun lembaga antariksa swasta berambisi menempatkan manusia di Bulan (lagi) serta mengirim mereka ke Mars. Tentunya kedua perjalanan itu menambah risiko jumlah kasus astronot meninggal di luar angkasa.

Meskipun NASA dan badan antariksa lainnya belum memiliki protokol resmi mengenai kematian di luar angkasa saat perjalanan jauh, terdapat beberapa skenario yang dimungkinkan. Berikut lima skenario yang terjadi pada tubuh astronot jika mereka meninggal di luar angkasa dikutip dari Aerospace Engineering:

1. Dikirim ke Bumi
Tubuh astronot yang meninggal di luar angkasa dapat dikirimkan kembali ke Bumi melalui pesawat kargo luar angkasa. Namun misi tersebut dengan catatan khusus, yaitu mungkin dilakukan apabila meninggal dalam misi menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

Jarak ISS ke Bumi relatif dekat sehingga perjalanan hanya memakan waktu beberapa jam hingga seharian. Namun apabila meninggal di Mars, kemungkinan tubuh astronot dibawa ke Bumi sangat kecil karena jaraknya bisa memakan waktu 3 tahun perjalanan.

2. Dibiarkan di Dalam Baju Luar Angkasa
Ketika astronot berjalan mengambang di luar angkasa, berbagai risiko harus mereka tempuh. Jika sebuah mikrometeorit menabrak dan menembus baju astronot, hanya butuh waktu 15 detik untuk ... Baca halaman selanjutnya