Mau Daging Kurban Jokowi? Panitia Sediakan 750 Kantong di Masjid Raya Sumbar

Sapi kurban Presiden Jokowi
Sapi kurban Presiden Jokowi (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis menyebutkan, panitia kurban Masjid Raya Sumbar menyediakan 750  kantong daging kurban untuk dibagi-bagikan. Daging tersebut berasal dari sapi kurban Presiden Jokowi dengan bobot 1,1 ton.

Dirincinya, dari 750 kantong daging tersebut, 350 kantong akan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid, 250 kantong membantu Masjid atau Mushala yang kekurangan stok daging.

baca juga: Tak Lakukan Open House, Presiden Jokowi Minta Anggota Kabinet Lakukan Hal Sama

"Lalu sisanya akan dibagikan bagi petugas di Masjid Raya, seperti kebersihan, satpam, dan lainnya," ujarnya, Jumat, 9 Agustus 2019.

Disampaikannya, sapi kurban bantuan Presiden ini memang selalu ada tiap tahunnya. Untuk tahun ini Presiden membeli sapi kurban dari pemenang kontes Livestock Expo Peternakan Sumbar 2019 yang berasal dari Kecamatan Ampek Angkek, Agam dengan nama peternak Efendi Rasyid. 

baca juga: Kemenag Berencana Izinkan Buka Rumah Ibadah di Tengah Pandemi

Untuk saat ini ungkap Alwis, sapi kurban Presiden itu masih berada di tempat peternak, nantinya H-1 jelang penyembelihan hewan di Masjid Raya Sumbar akan dibawa ke Padang.

"Nantinya sapi Presiden akan disembelih oleh penyembelih yang memang profesional dan bersertifikasi yang kita datangkan. Sebab, untuk menyembelih hewan kurban ini tidak bisa sembrangan orang yang menyembelihnya," pungkasnya. (*)

baca juga: Terkait COVID-19, Ini yang Dibahas Jokowi dan Donald Trump

Penulis: Joni Abdul Kasir