Salat Idul Adha Dipusatkan di Halaman Kantor Gubernur Sumbar

"Namun jika terjadi hujan dan lapangan halaman kantor gubernur tidak memungkinkan untuk dipakai, maka dipindahkan ke Masjid Raya Sumbar"
Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Alwis menyebutkan, seperti tahun - tahun sebelumnya pelaksanaan salat hari raya Idul Adha dipusatkan di halaman kantor gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

Namun jika terjadi hujan dan lapangan halaman kantor gubernur tidak memungkinkan untuk dipakai, maka dipindahkan ke Masjid Raya Sumbar.

"Masih sama dengan tahun - tahun sebelumnya, dan kalau hujan alternatif kita Masjid Raya Sumbar karena bisa banyak menampung jemaah," ujarnya saat ditemui KLIKPOSITIF, Jumat, 9 Agustus 2019 di Padang.

Disampaikannya Alwis, shalat hari raya akan dilaksanakan pada hari minggu (11/8). Imam yang bertugas pada shalat Idul Adha tersebut adalah Bakri SIQ, S.Ag, M.Pd.I. Selaku khatib Syukri Iska, M. Ag.

"Mulai pelaksanaan shalatnya sekitar pukul 07.30 WIB. Diawali dengan Ketua PHBI Sumbar dan sambutan Gubernur Irwan Prayitno," jelasnya.

Usai shalat, lanjut Sekdaprov Sumbar itu sekitar pukul 09.00 WIB akan dilanjutkan dengan penyembelihan satu ekor hewan kurban sumbangan dari Presiden RI Joko Widodo.

Panitia kurban Masjid Raya Sumbar menyediakan 750  kantong daging kurban untuk dibagi-bagikan. Daging tersebut berasal dari sapi kurban Presiden Jokowi dengan bobot 1,1 ton.

Dirincinya, dari 750 kantong daging tersebut, 350 kantong akan dibagikan kepada masyarakat sekitar masjid, 250 kantong membantu masjid atau mushala yang kekurangan stok daging.

"Lalu sisanya akan dibagikan bagi petugas di Masjid Raya, petugas kebersihan, satpam, dan lainnya," ujarnya. (*)