Beredar Hoaks Pemerintah Cabut PP Pendirian Rumah Ibadah

"Peraturan tentang pendirian rumah ibadah tetap diperlukan untuk mencegah adanya hukum rimba"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Sebuah unggahan di media sosial menarasikan Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri akan mencabut Peraturan Pemerintah (PP) terkait rumah ibadah. PP yang dimaksud Nomor 9 Tahun 2006 dan Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pendirian Rumah Ibadah.

Unggahan itu juga disertai narasi bahwa, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bersepakat untuk mencabut peraturan tersebut.

Plt Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu mengatakan, kabar yang beredar tersebut merupakan kabar bohong. Bahkan Menag Lukman Hakim telah membantahnya.

“Setelah kami telusuri lebih lanjut, faktanya Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menegaskan takkan mencabut peraturan itu. Jadi, itu hoaks,” kata Ferdinandus di Jakarta, Kamis (8/8/2019) kemarin yang dikutip dari kominfo.go.id.

Lukman Hakim, kata Ferdinandus, menjelaskan bahwa peraturan tentang pendirian rumah ibadah tetap diperlukan untuk mencegah adanya hukum rimba.

Bahkan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama dan Kemendagri memberikan kesempatan bagi tokoh agama maupun masyarakat untuk memberikan masukan terkait peraturan tersebut.

“Justru pihaknya terbuka terhadap masukan masyarakat, tujuannya demi penyempurnaan aturan tersebut,” imbuhnya. (*)