Heatstroke Masih Jadi Ancaman Jemaah Haji

"Seluruh sumber daya kesehatan baik dari Daker Makkah, Madinah, maupun Bandara difokuskan sepenuhnya untuk melayani jemaah haji Indonesia pada prosesi ini"
Ilustrasi (Kemenag)

KLIKPOSITIF -- Jemaah haji diingatkan untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar tenda saat wukuf di Arafah. Heatstroke tetap menjadi ancaman bagi jemaah haji, meski tenda telah dilengkapi pendingin ruangan (AC).

Hal ini disampaikan Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Eka Jusuf Singka. Menurutnya, heatstroke tetap berpotensi menyerang jemaah haji karena memang situasi di Arafah cukup panas.

"Penyakit ini bisa dicegah dengan banyak minum, kemudian hindari sengatan matahari langsung," kata Eka dilansir dari tim Media Center Haji (MCH) kemarin.

Untuk tetap menjaga kesehatan selama wukuf, jemaah haji harus benar-benar menjaga asupan air, makan buah-buahan yang banyak, dan hindari kelelahan yang berlebihan. Bagi jemaah yang akan mempunyai keperluan keluar tenda, maka diimbau menggunakan payung. Kemudian memakai masker dan membawa semprotan air. “Keluar pakai payung tidak masalah," ujar Eka.

Jemaah haji yang menjalani perawatan dari awal kedatangan hingga menjelang wukuf sebanyak 1.200 orang. Di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah ada 840 orang dan di KKHI Madinah 416 orang. "Sebagian besar sudah sembuh. Ini tidak lain dan tidak bukan karena kesadaran masyarakat, dalam hal ini jemaah haji sudah bagus," katanya.

Tim kesehatan, kata Eka, memberikan perhatian kepada seluruh jemaah saat wukuf. Tidak hanya kepada lansia. Dia meminta seluruh elemen kloter juga ikut membantu dan bahu membahu bersama tim kesehatan dalam melayani jemaah. "Jadi kesehatan tidak boleh dan tidak menjadi tanggung jawab petugas kesehatan saja, seluruh elemen harus membantu. Karena kalau haji sehat, insyaallah ibadahnya lengkap," katanya.

Eka mengatakan Pusat Kesehatan Haji Kemenkes menyiapkan dua posko kesehatan selama pelaksanaan puncak haji, yakni di Pos Kesehatan Arafah dan Mina. ”Pos kesehatan ini untuk memudahkan akses dan layanan kesehatan bagi jemaah haji Indonesia, di samping klinik kesehatan yang ... Baca halaman selanjutnya