Lion Air Group Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana di Bandara

"Kegiatan ini dilaksanakan di tiga lokasi yang dilakukan secara serentak"
Simulasi bencana gempa yang dilakukan karyawan Lion Air Group (Dokumen Lion Air Group)

KLIKPOSITIF -- Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW) dan Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menggelar simulasi penanggulangan tanggap darurat (emergency response plan exercise) secara serentak.

Kegiatan ini dilaksanakan di tiga lokasi, diantaranya di Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh Besar (BTJ), Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri, Sulawesi Tengah (PLW) dan Ternate, serta Bandar Udara Sultan Babullah, Maluku Utara (TTE).

Menurut Director Safety, Security & Quality Batik Air, Capt. Wamildan Tsani Panjaitan dalam keterangan tertulisnya yang diterima klikpositif, Sabtu 10 Agustus2019, tahun ini dijalankan dari tiga kota tujuan Lion Air Group yang berdasarkan data dan penilaian berpotensi rawan bencana. Sebagai informasi, ketiga kota tersebut termasuk zona cincin api yang rentan terhadap gempa bumi.

Rangkaian kegiatan latihan melibatkan 20 personil dari berbagai divisi Batik Air, Lion Air, dan Wings Air bersama pihak terkait lainnya. Latihan penanggulangan tanggap darurat (emergency response plan exercise) dihadiri dan disaksikan juga oleh Kepala Bandara. Dalam latihan kali ini Batik Air berperan sebagai Koordinator latihan.

Menurut Wamildan Tsani Panjaitan, kegiatan ini merupakan latihan terpadu yang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan yang bertujuan untuk menguji fungsi komunikasi, komando dan koordinasi antar-stakeholder sesuai Prosedur Penanggulangan Keadaan Darurat (Emergency Response Plan).

Emergency Response Plan Exercise kali ini memiliki skenario gempa bumi. Ketika ada gempa terjadi, petugas keamanan (aviation security) memberitahukan kepada seluruh karyawan Lion Air Group yang bertugas di area sisi udara (airside) dan di kawasan terminal (landside) untuk mengikuti jalur evakuasi dan segera menuju ke titik kumpul.

Setelah ... Baca halaman selanjutnya