Indra Catri: Idul Adha Tahun Ini Lebih Baik, Jumlah Haji dan Kurban Meningkat

"Tahun ini diperkirakan sebanyak 5.828 ekor sapi dan kambing yang akan dikurban. Apabila dikalkulasikan, ada sekitar Rp100 miliar lebih perputaran uang di Agam untuk berkurban."
Bupati Agam Indra Catri salat Idul Adha di Halaman Kantor bupati (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Bupati Agam Dr. H. Indra Catri bersama ribuan masyarakat Lubuk Basung, menunaikan Shalat Idul Adha 1440 Hijriyah di halaman kantor Bupati Agam, Minggu (11/8).

Pada pelaksanaan shalat ID tahun ini, di imami oleh H. Jurnaini salah seorang Qori sekaligus juri Musabaqah Tilawatil Al-Qur’an (MTQ) Sumatera Barat. Sementara itu, khatib shalat Wakil Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, H. Firdaus.

Selain bupati, seperti setiap tahunnya pelaksanaan shalat ID juga dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Agam maupun Forkopimda Plus.

Bupati Agam Indra Catri, dalam sambutannya mengatakan bahwa penyambutan Hari Idul Adha tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. Hal itu ditandai dengan semarak dan ramainya masyarakat yang ikut dalam pelaksanaan pawai Idul Adha.

"Alhamdulillah, saat ini pelaksanaan shalat ID juga tumpah ruah. Ini menandakan bahwa tingkat ketakwaan dan kualitas iman masyarakat Kabupaten Agam semakin meningkat," ujar bupati.

Tidak hanya itu, dari segi ekonomi, jumlah hewan kurban yang akan disembelih tahun ini juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun ini diperkirakan sebanyak 5.828 ekor sapi dan kambing yang akan dikurban. Apabila dikalkulasikan, ada sekitar Rp100 miliar lebih perputaran uang di Agam untuk berkurban.
Menariknya, dari jumlah hewan kurban tersebut pelaksanaan kurban, merata dilaksanakan di 16 kecamatan," ujar bupati.

Sementara itu, dari segi kesholehan sosial, peningkatan jumlah haji di Kabupaten Agam juga mengalami peningkatan hampir disetiap tahunnya. Terbukti, bahwa sebanyak 10 ribu lebih kuota daftar tunggu haji di Kabupaten Agam pada tahun 2019.

"Kondisi tersebut juga menujukkan bahwa program pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat semakin membaik," imbuh bupati. (rel)