Idul Adha, Gubernur Sumbar: Berkurban Menumbuhkan Kepedulian

"Bagi yang mampu diperintahkan agama untuk berkurban. Supaya masyarakat miskin dapat menikmati sebagian kecil dari harga mereka yang kaya"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai melaksanakan salat Idul Adha (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memusatkan Salat Idul Adha di halaman kantor gubernur Sumbar. Berbagai pejabat teras di daerah itu menjalani salat dengan khusuk.

Terpantau, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Alwis, dan beberapa orang kepala dinas.

Pantauan KLIKPOSITIF dilapangan, ribuan masyarakat memadati halaman kantor gubernur mengikuti rangkaian Salat Idul Adha. Imam bertugas pada shalat Idul Adha tersebut adalah Bakri SIQ, S.Ag, M.Pd.I. Selaku khatib Syukri Iska, M. Ag.

Usia Salat, Irwan Prayitno menyampaikan Idul Adha tahun ini dimaknai sebagai bentuk menumbuhkan rasa peduli dan empati sesama umat islam terutama masyarakat Sumbar.

Apalagi, jelas Irwan, bagi yang mampu diperintahkan agama untuk berkurban. Supaya masyarakat miskin dapat menikmati sebagian kecil dari harga mereka yang kaya.

"Berkurban lebih baik dari pada sedekah. Perintah ini akan memunculkan kebaikan pada masyarakat, mudah-mudahan budaya berkurban semakin muncul di tengah masyarakat Sumbar," harapnya

Dilanjutkannya, dari sisi pemerintah, berkurban memberikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab dari berkurban miliaran uang berputar di daerah itu.

"Kemudian, masyarakat yang kurang mampu bisa menikmati daging sekali setahun," tukasnya. (*)