Tahun Depan Akan Dibangun Tempat Pemotongan Hewan di Masjid Raya Sumbar

"Tempat pemotongan hewan di Masjid itu nantinya akan menjadi percontohan untuk Sumbar"
Masjid Raya Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Masjid Raya Sumatera Barat (Sumbar) hingga hari ini belum bisa melaksanakan pemotongan hewan kurban dalam jumlah banyak, walaupun sudah banyak masyarakat yang berkurban disana.

Persoalan, di Masjid yang menjadi ikon wisata religi Minangkabau itu belum memiliki tempat yang layak untuk pemotongan hewan kurban. Rencananya tahun depan akan dibangun tempat pemotongan hewan.

"Saya sudah bertemu dan bicara dengan Kepala Dinas Peternakan Sumbar, sama gubernur juga. Gubernur sudah sepakat dan tahun depan insyaallah akan dibangun," ujar Ketua Pengurus Masjid Raya Sumbar Yulius Said, Minggu, 11 Agustus 2019.

Saat ini, lanjut Yulius, hanya satu sapi kurban yang disembelih di Masjid Raya Sumbar. Satu sapi itu merupakan sapi kurban sumbangan dari Presiden Jokowi.

"Kami belum berani sebab belum ada tempat yang layak. Kalau yang ingin berkurban disini banyak, kemarin juga masih banyak yang nelpon," ujarnya.

Menurutnya, tempat pemotongan hewan di Masjid itu nantinya akan menjadi percontohan untuk Sumbar. Sebab belum satupun Masjid di Sumbar yang punya tempat pemotongan hewan permanen.

"Kita di Sumbar belum punya, nanti bisa jadi percontohan seperti di Masjid Istiglal," tukasnya. (*)