KPHP Mulai Lakukan Pemadaman Karhutla di Pessel yang Terjadi Sejak Minggu

"Proses pemadaman masih berlanjut, untuk hari ini dibantu BPBD Pessel. Berupaya untuk melakukan pemadaman sehingga titik api tidak menjalar"

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mulai melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah itu yang terjadi sejak Minggu 11 Agustus 2019.

Kasi Perlindungan KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat, KPHP Pessel, Andre J Da Silva Gomes mengakui, timnya akan mulai turun hari ini. Sebab, titik konfedensinya masih baru.

"Hari ini kita akan turun bersama provinsi sekaligus," sebut Andre J Da Silva Gomes saat ditemui KLIKPOSITIF di kantornya, Senin 12 Agustsus 2019.

Dari data penyisiran Kodim 0311 Pesisir Selatan ada sekitar 50 hektar kurang lebih lahan, yang merupakan sebagiannya lahan gambut yang berada di kawasan Hutan Konservasi Produksi (HPK), dan hingga Senin 12 Agustsus 2019 upaya masih berlanjut.

"Titik kebakaran terjadi diperbatasan Tapan dan Lunang. Setelah salat Idul Adha saya langsung memastikan ke lokasi," ungkap Dandim 0311/Pessel Letkol Kav Edwin Dwiguspana, Senin 12 Agustsus 2019.

Dandim mengaku, sejauh ini masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD setempat, untuk melakukan pemadaman api dilokasi kebakaran tersebut.

"Proses pemadaman masih berlanjut, untuk hari ini dibantu BPBD Pessel. Berupaya untuk melakukan pemadaman sehingga titik api tidak menjalar," ujarnya

Sedangkan KPHP Pessel, hari ini akan turun dengan tiga armada berserta peralatan pemadaman, yang terdiri satu dari KPHP Pessel dan dua unit dari Dinas Kehutanan Sumbar.

"Dengan jumlah anggota keseluruhannya 15 orang, lima dari kita dan 10 dari provinsi," tutupnya. (Kiki Julnasri)