Karhutla di Pessel Belum Bisa Dipadamkan, Titik Kebakaran Terus Meluas

"Selain sulit diakses kendaraan, tim juga terpaksa menyeberangi sungai untuk sampai ke titik api"
Proses pemadaman api Karhutla di Pessel. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Tim gabungan BPBD, TNI/Polri Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar mengaku pemadaman di lahan yang terbakar terus meluas. Kasi Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Doni Boy menyebutkan, lahan yang terbakar memiliki medan yang berat.

Selain sulit diakses kendaraan, tim juga terpaksa menyeberangi sungai untuk sampai ke titik api. "Sampai Senin sore api belum bisa dipadamkan. Dan kondisi terus berpindah-pindah, dari lokasi yang dipadamkan ke lokasi lain," ungkap Doni Boy saat dihubungi KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, upaya pemadaman, selain bersama TNI/Polri, juga dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pessel dibantu warga. "Kami dari TRC sebanyak 10 personel dengan satu unit mobil ranger dan dua unit pompa apung. Termasuk dua unit pompa darat," jelasnya.

Menurutnya, pihaknya bersama tim gabungan sudah berupaya melakukan pemadaman. Namun, kerena lokasi tidak dapat diakses mobil sehingga sulit untuk ditangani baik. "Ini salah satu faktor yang membuat lamanya pemadaman. Kami tetap berupaya semaksimal mungkin," terangnya.

Lanjutnya, saat ini tim TRC BPBD Pessel keluar dari lokasi dan upaya pemadaman akan dilanjutkan pada hari ini. "Kami sudah melaporkan kondisi dari lapangan ke pimpinan dan upaya selanjutnya sesuai dengan instruksi pimpinan," tutupnya

Seperti diberitakan sebelumnya, Komando Distrik (Kodim) 0311 Pesisir Selatan, Sumatera Barat memantau terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah bagian selatan Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu 11 Agustus 2019 lalu.

Dari data penyisiran Kodim 0311 Pesisir Selatan ada sekitar 50 hektar kurang lebih lahan yang merupakan sebagian lahan gambut yang berada di kawasan Hutan Konservasi Produksi (HPK) dan hingga Senin 12 Agustus 2019 upaya masih berlanjut.

Dandim mengaku, sejauh ini masih terus melakukan koordinasi dengan BPBD setempat untuk melakukan pemadaman api di lokasi kebakaran tersebut.

[Kiki Julnasri ... Baca halaman selanjutnya