Seorang Jamaah Haji Asal Pasbar Meninggal Saat Wukuf

Almarhum Lazran Mislan (peci putih), jamaah asal Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat.
Almarhum Lazran Mislan (peci putih), jamaah asal Nagari Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat. (istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Seorang jamaah haji asal Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) embarkasi Padang dilaporkan meninggal dunia di Mina Arab Saudi setelah melakukan wukuf. Hal tersebut dikarenakan kondisi tubuh jamaah haji tersebut kelelahan.

" Jamaah Haji itu bernama Lazran Mizlan (68) asal Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Pasaman Barat," sebut Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Pasbar , Suharjo Lubis.

baca juga: Gelar Pilkada di Tengah COVID-19, KPU Pasbar Butuh Tambah Anggaran

Suharjo menjelaskan kronologis almarhum wafat berawal saat berangkat dari Arafah ke Muzdalifah menuju ke Mina untuk melaksanakan wukuf. Usai melaksanakan wukuf beliau kelelahan. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di Mina pada Minggu (11/8) dan jenazah almarhum akan di makamkan di Mina.

Almarhum diketahui berangkat haji bersama istrinya. Meski banyak jamaah asal embarkasi Padang yang kondisi dan kesehatan tubuhnya mulai menurun, namun hal itu tidak mempengaruhi jamaah untuk menyelesaikan penyelenggaraan puncak ibadah haji.

baca juga: Perpanjang PSBB, Pemkab Pasbar Persiapkan Hal Ini

Maka saat ini, dari jumlah jemaah haji Pasaman Barat di Kloter 2 Embarkasi Padang yang sebelumnya berjumlah 386 orang, sekarang jamaah haji menjadi 385 orang karena meninggal dunia.

"Kita berharap para jamaah haji tetap menjaga kondisi tubuh mereka. Sedamgkan untuk almarhum semoga Allah Subhanahu Wa Taala memberikan ampunan menjadukannya nya Haji mabrur dan memberikan maqam terpuji," tutup Suharjo.

baca juga: PSBB Tahap III Diberlakukan, Pemkab Pasbar Mulai Sosialisasikan New Normal

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Agusmanto