Karhutla di Pessel, DLH Belum Pastikan Kualitas Udara

"sejauh ini pihaknya belum memiliki alat pendektesi udara dan belum bisa menentukan sesuai kebutuhan."
Kondisi udara di Pesisir Selatan saat ini setelah terjadinya Karhutla. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat belum memastikan tingkat kualitas udara terkait dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah setempat.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Lingkungan Pesisir Selatan, Darpius mengakui, sejauh ini pihaknya belum memiliki alat pendeteksi udara dan belum bisa menentukan sesuai kebutuhan.

"Di kita itu belum ada, kalau untuk itu, saat ini kita masih berpedoman ke BMKG, setelah itu kalau Padang menguji baru bisa kita ambil datanya," ungkap Darpius kepada KLIKPOSITIF, Selasa 13 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, sejauh ini mengacu dari laporan BMKG, kualitas udara di daerah setempat masih dalam kualitas baik dan belum ada tanda-tanda pencemaran udara. "Kalau untuk kondisi kualitas sampai saat ini, dari laporan BMKG masih dikatakan belum perlu imbauan. Masih dibawah ambang batas," jelasnya.

Meski diklaim kualitas udara di daerah masih dalam kondisi baik, pihaknya mengimbau warga tetap untuk berwaspada terutama saat beraktivitas di luar rumah. "Kalau kualitas kita sudah buruk, tentu tidak boleh beraktivitas banyak di luar. Kalau beraktivitas juga, itu harus mempergunakan masker," terangnya.

Sebelumnya, tim gabungan BPBD, TNI/Polri Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar mengaku pemadaman di lahan yang terbakar di daerah setempat terus meluas. Kasi Kedaruratan, BPBD Pesisir Selatan, Doni Boy menyebutkan, lahan yang terbakar memiliki medan yang berat.

Selain sulit diakses kendaraan, tim juga terpaksa menyeberangi sungai untuk sampai ke titik api. Upaya pemadaman, selain bersama TNI/Polri, juga dilakukan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pessel juga dibantu warga.

Sementara itu pantauan KLIKPOSITIF, tepatnya di Painan pusat Kabupaten Pesisir Selatan sekitar pukul 11.00 WIB cuaca masih cerah, dan sebagian aktivitas masyarakat di daerah ini masih berjalan lancar dan ... Baca halaman selanjutnya