Kesadaran Warga Payakumbuh Dalam Menaati Aturan Tata Ruang Perlu Ditingkatkan

Salah satu bangunan yang melanggar aturan tata ruang disegel Dinas PUPR Payakumbuh.
Salah satu bangunan yang melanggar aturan tata ruang disegel Dinas PUPR Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Payakumbuh, Muslim menghimbau warga daerah tersebut untuk mematuhi rencana tata ruang wilayah dalam mendirikan bangunan.

Menurutnya, rencana tersebut perlu diperhatikan untuk menghindari terjadinya kesemerautan pembangunan di Kota Randang itu.

"Apapun yang akan dibangun harus mengacu pada rencana tata ruang wilayah agar tidak terjadi kesemrautan pembangunan di kota ini," kata Muslim pada saat memberikan sosialisasi penataan dan pemanfaatan ruang di Aula Dinas PUPR, Selasa (13/8).

Baca Juga

Muslim menjelaskan pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap bangunan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada, baik itu berdasarkan Undang-Undang ataupun Peraturan Daerah (Perda) yang ada di Payakumbuh.

Untuk Payakumbuh terdapat tiga Perda yang mengatur terkait tata ruang, seperti Perda No 1 Tahun 2012 tentang rencana tata ruang wilayah kota tahun 2010-2013, selanjutnya Perda No 2 Tahun 2018 tentang rencana detail tata ruang kota tahun 2018-2038, dan terakhir Perda No 3 Tahun 2018 tentang IMB.

"Pertama kita akan beri peringatan, selanjutnya penyegelan dan akhirnya kita akan lakukan pembongkaran untuk bangunan yang tak berizin," pungkas Muslim.

Sebagai bentuk komitmennya dalam menjalankan Perda tersebut, pada 30 Juli lalu Dinas PUPR Kota Payakumbuh telah melakukan penyegelan terhadap sembilan bangunan tak berizin di daerah tersebut.

Sementara Asisten II Pemko Payakumbuh, Elzadaswarman menyebut, kesadaran masyarakat dalam menaati aturan tata ruang dalam mendirikan bangunan masih butuh tingkatkan.

"Karena masih kurangnya tingkat kesadaran masyarakat kita harus mentaati rencana tata ruang," kata Elzadaswarman.

Dijelaskanya pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB) di Kota Payakumbuh tidak sulit dan waktu pengurusannya juga diupayakan secepat mungkin.

"Asalkan persyaratannya lengkap dan dokumennya perizinannya memenuhi syarat semuanya dapat selesai tepat waktu," jealanya. (*)

Penulis: Taufik Hidayat | Editor: -