Polemik RSUD M Zein Painan, Pengamat: Pessel Butuh Banyak Rumah Sakit

"Apalagi Pesisir Selatan merupakan kabupaten terpanjang di Sumbar"
Pengamat Hukum Kesehatan Universitas Ekasakti Firdaus Diezo (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Polemik pemberhentian proyek RSUD M Zein Painan yang baru oleh Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni berbuntut panjang. Rumah sakit dengan anggaran Rp99 miliar tersebut membuat hubungan Hendrajoni dan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit memanas.

Rumah sakit yang dibangun di atas Bukit Kabun Taranak itu rencananya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Pesisir Selatan, sebab rumah sakit lama dianggap sudah over kapasitas dan bangunannya pun sudah tidak bagus lagi.

Namun dalam perjanjalanya, Bupati Hendrajoni tidak melanjutkan pembangunan karena dikhawatirkan berpotensi hukum dikemudian hari. Mulai dari persoalan Amdal akhirnya melebar kepada pondasi bangunan dan terakhir saling serang argumen antara Hendrajoni dan Nasrul Abit.

Berbagai pihak menyoroti ketegangan itu, mulai dari kalangan masyarakat, tokoh dan pengamat hukum tata negara. Terakhir Pengamat Hukum Kesehatan Universitas Ekasakti Firdaus Diezo menyoroti dari dampak terhadap kesehatan.

Menurut Diezo, semakin banyak dan tersedia fasilitas kesehatan di suatu daerah maka akan semakin baik pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Baik itu berupa rumah sakit daerah maupun swasta. Apalagi Pesisir Selatan yang merupakan kabupaten terpanjang di Sumbar sangat butuh banyak rumah sakit. 

"Jumlah rumah sakit, kelayakan dan mempunyai daya tampungnya yang banyak akan berpengaruh kepada pelayanan kesehatan," ulasnya, Rabu, 14 Agustus 2019.

Kemudian, kehadiran rumah sakit juga berpengaruh terhadap perekonomian daerah. Walaupun sektor kesehatan tidak boleh dikomersilkan, namun kenyataannya sektor tersebut luar biasa menghasilkan.

"Saya tidak ingin masuk kepada polemiknya, persoalan politik selesai sama orang politik. Namun mesti diperhatikan mencapai 65 persen orang di Indonesia sakit, kemudian mereka mau diapakan? kalau mereka sakit bagaimana SDM kita. Keluarlah dari persoalan itu, cepat selesaikan dan ... Baca halaman selanjutnya