Dinas PUPR Kota Payakumbuh Siapkan Batang Agam Sebagai Pusat Ekonomi Baru

"Dengan penataan kawasan Batang Agam maka sungai di Payakumbuh akan menjadi halaman depan dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kota Payakumbuh."
Pembangun dan penataan kawasan Batang Agam. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh telah menyiapkan rencana untuk menjadikan Batang Agam sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di daerah tersebut.

Sampai sejauh ini, pembangun dan penataan kawasan Batang Agam masih terus berlangsung. Dan Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim menyebut, proyek Batang Agam tersebut merupakan wujud dari penataan ruang Kota Randang itu.

"Prosesnya masih terus berlanjut. Kalau diambil persentasenya sudah lebih 75 persen," kata Muslim, Rabu (14/8).

Untuk dana pembangunan dan penataan kawasan Batang Agam sendiri bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Balai Wilayah Sungai Sumatera V dan juga dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Payakumbuh.

"Dari APBN dananya sebesar Rp195 miliar dan APBD Payakumbuh Rp13,5 miliar," ujarnya.

Terkait rencana ke depan, ia menyebut pada Kawasan Batang Agam tersebut akan dibangun sarana rekreasi, sarana olahraga, tempat kuliner dan normalisasi Batang Agam itu sendiri.

"Jadi bukan hanya mengendalikan daya rusak sungai membangun tembok penahan tapi juga penataan di sekitar itu," kata Muslim.

Muslim mengatakan dengan penataan kawasan Batang Agam maka sungai di Payakumbuh akan menjadi halaman depan dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kota Payakumbuh.

"Dulu, sungai dianggap halaman belakang, kini, persepsi tersebut berubah, sungai-sungai di kota Payakumbuh akan kita jadikan halaman depan," ujarnya.

Seperti diketahui, untuk pembangunan kawasan Batang Agam, Pemerintah Kota Payakumbuh, sejak 2015-2017 telah merealisasikan ganti wajar tanah, tanaman tumbuh, dan bangunan yang terkena proyek ini.

"Kalau proyek ini selesai tempat itu akan dijadikan obyek wisata baru dengan banyaknya taman-taman dan tempat bermain anak," ujarnya. (*)