Tangani Karhutla di Lunang Pessel, BPBD Tambah Personel

"Turunnya hujan membantu upaya pemadaman di lapangan"
Personel BPBD Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Tingkatkan kewaspadaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali menurun personel lebih banyak dalam menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kecamatan Lunang.

Kasi Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Doni Boy mengatakan, hingga Rabu (14/8) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah setempat belum juga dipastikan padam. Untuk memaksimalkan kekuatan BPBD Pessel kembali menurunkan personel sebanyak 20 orang.

"Tim sengaja ditambah untuk meningkatkan kewaspadaan," ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Doni Boy kepada KLIKPOSITIF yang sebelumnya sempat kembali ke Painan.

Menurutnya, sejak pemadaman pada Minggu (11/8) hingga Rabu (14/8) ini upaya tim sudah mulai membuahkan hasil. Dikatakan, api yang sebelumnya meluas, sekarang sudah perlahan padam.

"Hilangnya titik api ini juga dapat dipantau di hotspot Lapan. Namun asap masih menyelimuti wilayah yang terbakar," terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini selain ditambahkan kekuatan tim, upaya pemadam juga telah dibantu hujan. Sebab, sebagian wilayah Lunang, khusus Pessel telah diguyur hujan.

"Karena dengan kondisi lahan gambut ini sedikit membuat kewalahan. Tetapi dengan turunnya hujan, secara perlahan api dipastikan berkurang," tutupnya.

Sebelumnya, Komando Distrik (Kodim) 0311 Pesisir Selatan, Sumatera Barat memantau terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah bagian selatan Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu 11 Agustus 2019 lalu.

Dari data penyisiran Kodim 0311 Pesisir Selatan, diguga ada sekitar 50 hektare yang terbakar di kawasan Hutan Konservasi Produksi (HPK).

[Kiki Julnasri]