Resmi Dilantik, Ini Anggota DPRD Padang Perdapil untuk Diketahui

Pelantikan 45 anggota DPRD Padang terpilih
Pelantikan 45 anggota DPRD Padang terpilih (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 45 orang calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang terpilih, resmi dilantik dan dikukuhkan sebagai Anggota DPRD Kota Padang untuk periode masa jabatan tahun 2019-2024. Mereka diambil sumpah dan janjinya dalam Rapat Paripurna yang dilangsungkan di Gedung DPRD Padang, Rabu (14/8).

Pelantikan disaksikan Wali Kota Padang Mahyeldi, Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa serta pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang periode sebelumnya. Juga hadir unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Harneli, Ketua GOW Kota Padang, Genny Putrinda, pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang serta stakeholder terkait lainnya.

Pelantikan Itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar Nomor 171/069/2019 Tanggal 13 Agustus 2019 tentang Pemberhentian Peresmian dan Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Padang. Walaupun sempat tertunda Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang akhirnya menggelar rapat pleno terbuka untuk menetapkan anggota DPRD terpilih.

Baca Juga

Dari 45 anggota DPRD yang dilantik, sebanyak 23 orang merupakan wajah lama. Sedangkan, 22 orang merupakan wajah baru yang mendapatkan amanah menjadi wakil rakyat. Berikut nama anggota dewan terpilih perdapil :

Di Daerah Pemilihan (Dapil) Padang I Kecamatan Koto Tangah, tiga kursi diperoleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Kursi ini didapat calon anggota legislatif (caleg) Muharlion, Pun Ardi, dan Andy Wijaya. 

Dua kursi diraih caleg Partai Gerinda: Delma Putra dan Manufer Putra Firdaus. Satu kursi masing-masing diperoleh caleg Golkar Jumadi, caleg Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Yuhilda Darwis, caleg Partai Demokrat Mukhlis, caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Rustam Efendi, dan Wismar Panjaitan dari PDI Perjuangan.

Untuk Dapil II Kecamatan Kuranji Pauh, tiga caleg Partai Gerindra, Syafrial Kani, Donal Ardi, dan Musni Zen, mendapatkan kursi. Sementara itu, dua kursi PKS diraih Jafar dan Rafdi ST. 

Partai lain mendapat jatah satu kursi di Dapil II. Peraih kursi itu adalah caleg Golkar Zulhardi Z Latif, caleg Partai Berkarya Zalmadi, caleg PAN Yadri, caleg Demokrat Salisma, dan Dasman dari PPP.

Dapil Padang III meliputi Kecamatan Lubuk Begalung, Lubuk Kilangan, dan Bungus Teluk Kabung. Di daerah ini, Partai Gerinda mendapat tiga kursi yang ditempati Elly Trhisyanti, Dewi Susanti, dan Amran Tono. 

PAN mengantongi dua kursi dari calegnya, Jupri dan Asrizal. Partai Demokrat membawa dua kursi hasil kerja Nila Kartika dan Surya Jufri. Sementara itu, kursi PKS ditempati Edmon, PPP ditempati Murikhwan, dan kursi Partai Golkar diduduki Miswar Jambak.

Di Dapil IV, Kecamatan Padang Timur dan Padang Selatan, PAN menyabet dua kursi dari calegnya, Amril Amin dan Irwati Meuraksa. Sisa partai lainnya hanya meraup satu kursi, yakni caleg Helmi Moesim Ay dari Partai Berkarya, Ilham Maulana dari Demokrat, Muhidi dari PKS, Boby Rustam dari Gerindra, dan Meilasa Waruwu dari PDI Perjuangan  .

Pada Dapil V Kecamatan Padang Barat, Padang Utara, dan Nanggalo, Partai Gerindra menggondol dua kursi yang ditempati Syafrial Kani dan Budi S. PKS mendapatkan dua kursi yang diduduki Arnedi Yarmen dan Djunaidi Hendri.

Partai lain masing-masing hanya mendapatkan satu kursi. Kursi Partai NasDem ditempati Osman Ayub, PAN diperoleh Faisal Nasir, kursi Partai Demokrat diduduki Azwar Siry, dan PDI Perjuangan diduduki Iswanto.

Penulis: Joni Abdul Kasir | Editor: -