Jadi Teror untuk Bumi, Astronom Teliti Sinyal Misterius dari Luar Angkasa

"Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan"
ilustrasi luar angkasa (net)

KLIKPOSITIF -- Sudah sejak lama, astronom menemukan berbagai sinyal misterius dari luar angkasa. Jadi teror untuk Bumi, hingga hari ini astronom tidak mengetahui makna dari sinyal-sinyal ini. Semakin berkembangnya teknologi, para astronom lalu menemukan cara untuk meneliti sinyal misterius dari luar angkasa ini.

Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Dengan alat ini, astronom dapat mengetahui sumber gelombang tersebut. Hasilnya, gelombang-gelombang sinyal misterius ini berasal dari jarak miliaran tahun cahaya di luar angkasa sebelum kemudian tiba di Bumi.

Sinyal misterius ini disebut sebagai fast radio burst atau FRB yang memiliki struktur kompleks. Sifat sinyal misterius ini cenderung berlangsung dalam milidetik dan datang di waktu dan tempat yang acak dan sulit diketahui. Karena sifatnya yang seperti ini, sulit untuk para astronom dapat meneliti sinyal misterius tersebut.

Keterbatasan teknologi dan kemampuan membuat penelitian terkait hal ini harus terabaikan beberapa masa. Dilansir dari Space.com, penelitian akhirnya dilakukan pada Juli 2019 lalu dan dipublikasikan dalam jurnal Monthly Notice of the Royal Astronomical Society.

Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa astronom telah sukses meneliti sinyal misterius dari luar angkasa yang selama ini menjadi teror untuk Bumi.

Adalah Wael Farah, mahasiswa doktoran di Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia yang sukses mengembangkan sistem machine-learning yang mampu mengenali sinyal misterius dengan hanya merekam gelombang dalam detail.

Dilengkapi dengan kemampuan adiptif yang membantu teleskop Molonglo mengenali sinyal misterius, mesin ini dapat menghasilkan mode perekaman dengan detail dan paling baik yang pernah ada. Setidaknya, menggunakan mesin ciptaan Wael Farah ini, 59 hingga 157 sinyal misterius dapat dideteksi.

Satu hal yang berhasil ditemukan adalah bahwa sinyal misterius ... Baca halaman selanjutnya