Selama Masa Jabatan 2014 - 2019 Anggota DPRD Padang Hasilkan 310 Keputusan

Elly Thrisyanti
Elly Thrisyanti (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 45 orang dari 9 parpol politik (parpol) dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang. Itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar Nomor 171/069/2019 Tanggal 13 Agustus 2019 tentang Pemberhentian Peresmian dan Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Padang.

Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti memimpin pelantikan yang dilaksanakan di ruang sidang utama, gedung DPRD Kota Padang. Dari 45 anggota DPRD yang dilantik, sebanyak 23 orang merupakan wajah lama. Sedangkan, 22 orang merupakan wajah baru yang mendapatkan amanah menjadi wakil rakyat.

Elly Thrisyanti mengatakan, berdasarkan Undang-undang kedudukan MPR/DPD/DPRD bahwa anggota DPRD sebelum memasuki jabatannya mengucapkan sumpah atau janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri dalam sidang paripurna DPRD.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui bahwa keanggotaan DPRD masa jabatan 2014-2019 berakhir. Selama masa pengabdiannya, DPRD telah berusaha melaksanakan tugas dan kewajiban seoptimal mungkin dalam rangka menampung aspirasi masyarakat dan oengawasan terhadap jalannya roda pemerintahan.

Sejak pelaksanaan otonomi daerah, kata Elly, telah banyak perubahan pembangunan yang terjadi pada lembaga pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Dengan berorientasi pada tata pemerintahan yang baik maka pihaknya bisa berbuat profesional dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Begitu pula dengan hal politik, ekonomi, juga merupakan sektor yang paling banyak mengalami perubahan karena berbagai tuntutan dan dukungan masyarakat. Namun disisi lain, sebut Elly, dengan adanya arus globalisasi akan memudahkan berbagai pengaruh budaya asing masuk dalam kehidupan masyarakat setempat.

"Inilah yang harus kita antisipasi yaitu memegang teguh nilai moral dan etika sebagai bangsa Indonesia serta membentengi diri dengan iman, dan taqwa kepada Tuhan," kata Elly, Kamis, 15 Agustus 2019.

Lebih lanjut, kata Elly, sejak awal masa jabatan dari tahun 2014 pihaknya telah melaksanakan berbagai agenda kegiatan legislatif yakni, rapat-rapat baik internal maupun dengan OPD, kelompok masyarakat. Kemudian, kunjungan kerja serta reses untuk menampung aspirasi masyarakat.

"Hasilnya anggota DPRD 2014-2019 selama menjalankan tugas dan kewenangannya telah menghasilkan antara lain, produk keputusan DPRD. Rinciannya, keputusan DPRD sebanyak 310 keputusan meliputi keputusan pimpinan DPRD sebanyak 98 keputusan," ucap Elly.

Adapun kegiatan DPRD berupa rapat-rapat diantaranya, rapat musyawarah DPRD sebanyak 67 kali (X), rapat badan anggaran DPRD sebanyak 78, rapat badan penghormatan sebanyak 10, rapat panitia khusus DPRD sebanyak 60.

"Demikian pula dalam menerima kunjungan masyarakat dan menerima kunjungan dalam menampung aspirasi masyarakat," tukasnya. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir | Editor: Iwan R