Lagi, Seorang Jemaah Haji Asal Pasbar Meninggal Dunia di Tanah Suci

"Sudah dua orang jemaah haji asal Pasbar yang wafat di tanah suci"
Suasana di tanah suci (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Hanya berselang lima hari, kabar duka datang dari kota Mekkah. Kembali seorang jemaah haji asal Pasaman Barat (Pasbar) di kloter dua embarkasi Padang wafat di tanah suci.

"Jemaah haji itu bernama Nurhayati bin Efendi Badu (68) yang merupakan warga Jorong Sariak, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo," ucap Kasi Haji dan Umroh Kemenag Pasbar, Suharjo Lubis, pada Kamis (15/8) di ruang kerjanya.

Dijelaskan, almarhum sempat menjalani perawatan sejak masuk pada (29/7) sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (14/8) sekira pukul 07.00 Waktu Arab Saudi (Was) di UGD Rumah Sakit Al Noor Makkah.

Dikabarkan, Nurhayati dirawat karena mangalami sakit jantung dan sakit gula. "Saat ini, jenazah Nurhayati sudah dimakamkan di Pemakaman Syuhada Al Haram Makkah," jelas Suharjo.

Sebelumnya, Seorang jamaah haji bernama Lazran Mizlan (68) asal Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie-Pasbar wafat di Mina setelah melakukan wukuf pada Minggu (11/8) lalu, karena faktor kelelahan.

Saat ini, dari jumlah jemaah haji Pasaman Barat di Kloter 2 Embarkasi Padang yang sebelumnya berjumlah 386 orang, sekarang menjadi 384 orang, karena 2 orang meninggal dunia.

Untuk diketahui, berdasarkan data PPIH embarkasi Padang. Jumlah jemaah haji yang wafat di Arab Saudi sebanyak 9 orang, diantaranya 5 orang asal Provinsi Sumatera Barat dan 4 orang asal Provinsi Bengkulu.

[Irfan Pasaribu]