Baznas Sawahlunto Salurkan Zakat Untuk Biaya Pendidikan

"Dalam kesempatan itu, Deri juga berpesan, agar para mustahiq menggunakan uang yang diterima sesuai dengan peruntukannya. Jangan sampai tergoda menggunakan untuk keperluan lainnya"
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan Kepala Baznas Kota Sawahlunto M. Syarief Saat Menyerahkan Zakat Kepada Mustahiq (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto salurkan zakat di Kecamatan Talawi. Penyaluran zakat kali ini difokuskan untuk pendidikan dari pelajar kurang mampu dari tingkat dasar sampai bangku kuliah.

Kepala Baznas Kota Sawahlunto M. Syarief mengatakan, jumlah zakat yang disalurkan untuk kecamatan Talawi sebesar Rp78,7 juta. Ia merinci, untuk tingkat SD/MI sebanyak 21 pelajar, masing-masingnya menerima sebesar Rp250 ribu.

Kemudian lanjutnya untuk bangku SMP/MTs sebanyak 9 pelajar, masing-masing menerima sebesar Rp300 ribu dan bangku SMA/MA sebanyak 61 pelajar, masing-masing menerima sebanyak Rp750 ribu.

"Sementara itu untuk mahasiswa masing-masing menerima bervariasi digunakan untuk biaya masuk, biaya kuliah dan wisuda sebesar Rp750 ribu, Rp1 juta hingga Rp2 juta," katanya di Sawahlunto, Kamis 15 Agustus 2019.

Ia menegaskan, pada dasarnya, pihak Baznas siap membantu semua permohonan dari para mustahiq. Namun, tidak semua bisa realisasikan karena ada regulasi dan anggaran yang kurang mencukupi.

"Hal semacam itulah yang membuat kami tidak bisa memuluskan semua permohonan yang masuk. Sementara itu, kami juga punya semacam standar operasi prosedur (SOP). Setiap tahun anggaran di Baznas diaudit oleh lembaga akuntansi profesional dan syariah," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, Pemerintah Kota Sawahlunto selalu bersinergi dengan Baznas dalam meringankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan.

Dalam kesempatan itu, Deri juga berpesan, agar para mustahiq menggunakan uang yang diterima sesuai dengan peruntukannya. Jangan sampai tergoda menggunakan untuk keperluan lainnya.

"Dalam tahun ajaran 2019/201/2020 ini, Pemko melalui Dinas Pendidikan membantu menyediakan paket seragam sekolah, yakni seragam harian, baju tenun Silungkang dan seragam Pramuka. Kemudian di pihak Baznas menyediakan seragam olahraga. Sehingga untuk ... Baca halaman selanjutnya