Sebanyak 167 Warga Binaan Lapas Kelas II B Payakumbuh Terima Remisi HUT RI

"Dari total 288 orang warga binaan 165 diantaranya menerima remisi umum I dan dua orang lain remisi umum II."
Penyerahan SK Remisi Umum HUT RI oleh Sekda Payakumbuh, Rida Ananda kepada warga binaan. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 167 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas II B Payakumbuh mendapatkan pengurangan masa hukuman atau resmi dalam rangka HUT RI ke-74, Sabtu (17/8).

Kepala Lapas Kelas II B Payakumbuh, Era Wiharto menyebut, dari total 288 orang warga binaan 165 diantaranya menerima remisi umum I dan dua orang lain remisi umum II.

Rinciannya, penerima remisi satu bulan berjumlah 48 orang, remisi dua bulan 32 orang, tiga bulan 49 orang, empat bulan 24 orang, lima bulan 11 orang, dan enam bulan satu orang. Sedangkan dua orang penerima remisi umum II mendapat pemotongan masa hukuman empat bulan dan lima bulan.

"Yang menerima remisi umum II itu tidak bebas karena mereka masih menjalani sisa pidana dendanya. Kalau mereka bayarkan denda mereka harusnya bebas hari ini," kata Era Wiharto usai penyerahan SK remisi kepada perwakilan warga binaan.

Lebih lanjut ia menyebut, pemberian remisi itu telah melalui proses penilaian dan evaluasi serta pengajuan permohonan kepada Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham.

"Jadi ada beberapa tahapan yang mesti dipenuhi sebelum napi tersebut menerima remisi," kata dia.

Penyerahan SK Remisi Umum 17 Agustus 2019 dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda kepada dua orang perwakilan warga binaan Lapas Kelas II B Payakumbuh.

Dalam kesempatan itu, Rida berpesan terhadap warga binaan yang menerima remisi untuk bisa membenahi diri selama dalam masa pembinaan, sehingga nanti ketika bebas bisa kembali bergaul dengan masyarakat.

"Dan tentunya kita berharap mereka yang nantinya sudah bebas bisa menaati aturan yang ada di tengah-tengah masyarakat," jelas Rida Ananda. (*)