Hari Kemerdekaan, BNNP Sumbar Amankan 155 Paket Ganja Siap Edar

"Sebelum menabrak mobil pelaku, kami telah memberikan tembakan peringatan dan menyisakan jejak tembakan di mobil itu"
(Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Narkotika Nasional (BNNP) Sumatera Barat mengamankan 155 peket ganja siap edar pada hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74.

Penangkapan tersebut diawali dari informasi yang diperoleh dari masyarakat bahwa sebuah mobil membawa narkoba jenis ganja dari daerah Aceh.

"Setelah mendapatkan informasi, kami langsung menuju daerah Kabupaten Pasaman dan melakukan pengintaian," ujar Kepala BNNP Sumbar, Brigjen Pol Kasril, Sabtu 17 Agustus 2019.

Ia mengatakan, saat pihaknya sampai di lokasi, mereka melakukan pengintaian sejak tanggal 15 Agustus 2019 di Tapus, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman.

"Setelah dua hari melakukan pengintaian, sekitar pukul 01.00 WIB kami melihat mobil yang dimaksud oleh informan," lanjutnya.

Setelah itu, pihaknya langsung mencegat mobil tersebut dan mencoba menghentikannya. "Saat kami mencoba menghentikannya, pengendara mobil itu mencoba melarikan diri," lanjutnya.

Saat sampai di pinggir jalan, mobil jenis Xenia warna hitam yang dikendarai oleh pelaku langsung ditabrak dan berhenti seketika.

"Sebelum menabrak mobil pelaku, kami telah memberikan tembakan peringatan dan menyisakan jejak tembakan di mobil itu," lanjutnya.

Setelah mobil dihentikan, tiga orang pelaku langsung melarikan diri ke arah semak-semak sehingga satu orang diantaranya tidak bisa dibekuk.

"Satu orang melarikan diri, kami mengamankan dua orang dengan nama Khairul Amri (33) Rizki Riwaldi (29) yang merupakan warga Agam," lanjutnya.

Pelaku yang melarikan diri tersebut diketahui berinisial Y dan masih dalam pengejaran pihak BNNP Sumbar. "Salah seorang yang melarikan diri itu masih kami kejar," sambungnya.

Kedua pelaku akan diancam dengan pasal 112 Jo 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati. [Halbert Caniago]