Ada Upacara 17 Agustusan di Kota Mekkah

"Berbagai kegiatan digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, hari ini"
Upacara HUT RI di Kota Mekkah (kemenag.go.id)

KLIKPOSITIF -- Hari Kemerdekaan 17 Agustus  merupakan salah satu hari yang selalu disambut dengan gegap gempita oleh seluruh rakyat Indonesia. Tak terkecuali para jemaah dan petugas haji Indonesia yang saat ini berada di Kota Makkah, Arab Saudi. Berbagai  kegiatan digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, hari ini. 

Di Sektor 2 Mekkah misalnya, menggelar upacara di halaman Kantor Sektor 2, Hotel 236, Syisyah, Mekkah. Hadir sebagai inspektur upacara Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ramadhan Harisman.

"Alhamdulillah kita memperoleh izin dari aparat setempat untuk melakukan upacara di jalan depan hotel 236 ini. Mendapatkan izin ini bukan perkara yang mudah di Arab Saudi. Maka, kami amat berterimakasih atas izin yang diberikan," ujar Kepala Sektor 2 Makkah Kaswad Sartono, Sabtu (17/08), yang dikutip dari kemenag.go.id.

Gelaran upacara ini meninggalkan kesan tersendiri bagi jemaah yang tergabung dalam kloter 1 Embarkasi  Makassar (UPG 01) Andi Manaf. "Mengikuti  upacara di tanah suci ini, terharu saya. Ini pertama kali saya upacara hari kemerdekaan di luar negeri. Dan ini ramai sekali," kata Manaf, sambil menghapus air mata yang membasahi pipinya. 

Tak hanya di jalan, Upacara Hari Kemerdekaan juga dilakukan di roof top Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Mekkah. Upacara ini diikuti oleh ratusan tenaga medis yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1440H/2019M. 

"Hari ini kita memperingati Hari Kemerdekaan negara kita tercinta di tanah suci, di Kota Makkah Al Mukarramah. Menunjukkan bahwa cinta kepada tanah air tidak terhalang oleh batas-batas negara," kata Kepala Badan Litbang Kesehatan Siswanto yang bertindak  sebagai inspektur  upacara. 

Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Mekkah juga diramaikan dengan lomba-lomba yang digelar pada masing-masing sektor. Misalnya, ... Baca halaman selanjutnya