Giat Prestasi Cabang Kota Padang Digelar di Bumi Perkemahan Padang Besi

"Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa "
Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa sapa para peserta Giat Prestasi (Humas Pemko Padang)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa membuka secara resmi kegiatan yang diadakan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 09 Gerakan Pramuka Kota Padang di Bumi Perkemahan Padang Besi, Minggu (18/08/2019) kemarin.

Hendri Septa mengatakan, gerakan pramuka merupakan salah satu wadah membina generasi muda menggunakan metode kepramukaan dan sistem among yang pelaksanaannya diserahkan pada kepentingan dan pengembangan bangsa Indonesia.

Disamping itu, pendidikan kepramukaan mempunyai peran penting dalam pendidikan nasional, terutama pendidikan karakter bagi generasi muda sebagaimana tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

"Pramuka adalah aset bangsa yang harus dikembangkan, karena kepramukaan dapat membangun semangat patriotisme dan nasionalisme serta menumbuhkembangkan jati diri anak bangsa Indonesia yang berbudaya luhur dan berbudi pekerti yang baik," jelasnya.

Wawako Hendri berpesan, kepada sekolah selaku ketua majelis pembimbing gugus depan bersama guru pembina di sekolah, selalu menjadi motivator dan dinamisator dalam kelangsungan pendidikan kepramukaan di Kota Padang.

"Kita menyadari keberadaan tenaga pendidikan kepramukaan merupakan sosok strategis dalam mewujudkan usaha pembentukan anak bangsa yang berkarakter tangguh dan memiliki keterampilan," sebutnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Syukral Syaukani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memeriahkan peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun. 

"Ada berbagai macam perlombaan dalam kegiatan ini diantaranya lomba mewarnai, lomba mendongeng, fashion show, senam pramuka, PBB tanpa tongkat, MSQ, penyuluhan keamanan pangan, foto on the spot, pionering dan membuat mahar," sebutnya.

Adapun peserta dalam GPC tahun 2019 terdiri dari semua golongan (Siaga, Penggalang SD, penggalangan SMP, Penegak SMA dan Pramuka Berkebutuhan Khusus. (rilis)