"Mandeh" Terima Tiga Penghargaan dalam Surfival 2019

" pesan di film Mandeh ini walaupun anaknya melakukan kesalahan tapi seorang ibu tetap seperti semula, kasih sayangnya"
pemenang kategori film dokumenter terbaik (KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Film Mandeh terpilih menjadi yang terbaik dalam ajang Sumbar Film Festival (Surfival) 2019. Terpilihnya film yang menceritakan kasih sayang seorang ibu kepada anaknya itu diumumkan pada malam penganugerahan Surfival di Hotel Kyriad Bumi Minang, Minggu (18/8/2019) malam.

Selain terpilih sebagai yang terbaik, film Mandeh juga menjadi pemenang dalam kategori film fiksi dan ide terbaik. Dengan demikian, film yang disutradarai Roby Anggara ini meraih tiga penghargaan sekaligus pada Surfival 2019.

Asisten Sutradara film Mandeh, Adriyas Putra mengakui persiapan film garapan timnya itu butuh waktu lama dan produksi yang cukup besar. Namun berkat keyakinan, film ini pun akhirnya terpilih yang terbaik.

"Sejak awal saya sudah percaya cerita film Mandeh ini banyak mewakili perasaan orang. Bicara menyangka tidak menyangka sebagai pemenang, tapi yang jelas kami semua sudah banyak persiapan," ujarnya.

Ia mengatakan film Mandeh digarap hingga berbulan-bulan. Film ini juga merupakan tugas akhir para timnya di Institut Kesenian Jakarta yang berkolaborasi dengan Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

"Pra produksinya, dari ide sudah lama tapi serius digarap pra produksi tiga sampai empat bulan. Untuk produksi dua setengah hari dan pasca-produksi sampai empat bulan," lanjutnya.

Menurutnya pesan yang ada di film Mandeh cukup sederhana yaitu kasih sayang seorang ibu kepada anaknya yang tidak pernah habis. Meskipun anaknya tersebut melakukan kesalahan yang cukup besar.

"Kasih ibu sepanjang jalan. Kasih ibu tidak habis-habis. Di film Mandeh ini memang sengaja tidak dibikin endingnya. Yang jelas pesan di film Mandeh ini walaupun anaknya melakukan kesalahan tapi seorang ibu tetap seperti semula, kasih sayangnya," lanjutnya.

Adriyas mengaku sedang berusaha untuk ikut dan menampilkan film Mandeh di festival tingkat nasional. Timnya saat ini, katanya, tengah menggarap pembuatan subtitle ... Baca halaman selanjutnya