Riza Falepi Bicara Peluangnya untuk Maju Pilgub Sumbar

"Kita baca juga sikon (situasi kondisi) di lapangan, kalau sikon di lapangan menginginkan kita maju, baru kita maju. Kalau istilah orang, raso-raso ka lai, raso-raso tapi cawan se awak yo, awak surang se raso itu ndak usah lah"
Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Disebut-sebut sebagai salah satu tokoh yang layak memimpin Sumatera Barat untuk lima tahun ke depan, Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengaku masih melihat situasi dan kondisi di lapangan sebelum memutuskan untuk maju dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 nanti.

"Kalau cagub tanya ke PKS-lah itu, saya tidak tahu, dia mau suruh saya jadi cagub atau tidak belum tahu sampai sekarang," kata Riza Falepi saat menghadiri pengibaran bendera raksasa di Jembatan Ratapan Ibu, Payakumbuh, Sabtu (17/8) lalu.

"Kita baca juga sikon (situasi kondisi) di lapangan, kalau sikon di lapangan menginginkan kita maju, baru kita maju. Kalau istilah orang, raso-raso ka lai, raso-raso tapi cawan se awak yo, awak surang se raso itu ndak usah lah," lanjutnya.

Ditanya terkait sinyal dari PKS selaku partai tempatnya bernaung, Riza Falepi mengakui hal itu sudah diterimanya. Namun belum ada kepastian.

"Sinyal ada, tapi kita belum tahu apakah sinyal itu untuk kita, masih remang-remang lah," kata wali kota dua periode itu.

Meski belum pasti akan maju atau tidak untuk Pilgub Sumbar 2020 nanti, Riza memiliki keinginan untuk menjadikan Sumbar sebagai salah satu provinsi terdepan di Indonesia.

"Ya kita ingin Sumbar lebih baik, artinya lebih baik itu begini, kita harus menjadikan Sumbar ini sebagai provinsi terdepan," katanya.

Untuk PKS sendiri, selain Riza Falepi juga ada nama Wali Kota Padang, Mahyeldi yang dinilai layak memimpin Sumbar untuk lima tahun ke depan. Namun sampai sejauh ini belum ada keputusan dari PKS siapa tokoh yang nantinya akan mereka usung sebagai suksesor Irwan Prayitno untuk Sumbar 1. (*)