Masih Banyak PNS Gaptek, Gubernur Sumbar: Mayoritas Usia 50 Tahun Keatas

"Untuk itu dia meminta jajaran pemerintahan yang ada di 19 kabupaten dan kota untuk dapat belajar mengunakan IT"
Gubernur Irwan Prayitno saat mmeberikan pemaparan dalam rapat koordinasi antara Pemprov Sumbar dan Kabupaten/kota di Hotel Pangeran Beach, Senin (19/8) (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengakui masih banyak pegawai pemerintah di kabupaten dan kota di Sumatera Barat (Sumbar) yang belum fasih menggunakan teknologi informasi (IT), bahkan ada yang belum bisa menggunakan IT alias gagap teknologi (Gaptek).

Untuk itu dia meminta jajaran pemerintahan yang ada di 19 kabupaten dan kota untuk dapat belajar mengunakan IT.

Menurut Irwan, kebanyakan mereka yang gaptek adalah pegawai dengan usia 50 tahun ke atas. Walaupun telah memiliki handphone canggih tapi kurang fasih menggunakannya, bahkan ada yang minta bantu orang terdekat mereka untuk urusan kecil seperti balas WhatsApp atau SMS.

"kebanyakan hanya bisa angkat telepon, berbeda dengan 20 keatas mungkin sudah bisa menggunakan handphone pintar," ujarnya, saat rapat koordinasi antara Pemprov Sumbar dan Kabupaten/kota di Hotel Pangeran Beach, Senin (19/8).

Dia menegaskan, pegawai harus bisa menyesuaikan sistem pemerintahan yang sudah mengarah kepada IT. Mulai, dari kepala daerah hingga pegawai mesti dapat menggunakan IT sehingga informasi dan komunikasi berjalan cepat.

"Jadi IT ini tidak hanya pegawai saja. Kepala daerah mesti bisa menggunakan IT sebab segala urusan pemerintah sudah ada sebagian menggunakan elektronik baik itu surat menyurat dan administrasi lainnya. Kedepan sistem manual ini tidak akan ada lagi," katanya.

Diterangkannya, untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi, menggunakan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dan tangan tangan elektronik.

"Untuk itu saya minta dinas terkait agar segera meelakukan pengembangan IT ini khususnya Dinas Kominfo," katanya.

Dilanjutkannya, jika IT ini tidak dikembangakan dan dipelajari oleh jajaran pemerintahan maka akan tertinggal dari daerah lain yang sudah lebih dulu menggunakan IT dalam pelayanan.

"Saya berapa hari lalu berkunjung ke Banyuwangi dan ditunjukan sebuah ... Baca halaman selanjutnya