Over Kapasitas di Lapas Kelas II B Payakumbuh, Ini yang Dilakukan Kalapas

"Sudah over kapasitas lebih dari 100 persen. Penghuni itu hanya untuk 59 orang, sekarang posisinya ada 288 orang"
Kalapas Kelas II B Payakumbuh, Era Wiharto. (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Over kapasitas masih jadi kendala utama Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Payakumbuh. Dengan kapasitas 59 orang, total warga binaan yang saat ini menghuni lapas tersebut berjumlah 288 orang.

Kepala Lapas Kelas II B Payakumbuh, Era Wiharto mengakui, over kapasitas itu sudah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

"Sudah over kapasitas lebih dari 100 persen. Penghuni itu hanya untuk 59 orang, sekarang posisinya ada 288 orang," kata Era Wiharto, Sabtu (17/8) lalu usai penyerahan Surat Keputusan (SK) remisi terhadap 167 warga binaan di lapas tersebut.

Dalam upaya mensiasati hal itu, pihaknya sudah melakukan beberapa hal, salah satunya dengan mengirimkan warga binaan ke UPT yang masih memiliki ruang kosong.

"Apabila memang masih ada tempat yang memadai kite berkomunikasi dengan UPT tersebut untuk mengisi tempat-tempat yang kosong," lanjutnya.

Untuk penghuni Lapas Kelas II B Payakumbuh sendiri, sebagian besar dihuni oleh warga dari Payakumbuh dan juga Kabupaten Limapuluh Kota dengan mayoritas kasus narkoba.

"Sebagian besar penghuni merupakan kasus narkoba dengan persentase 53 persen," katanya.

Menanggapi over kapasitas di Lapas Kelas II B Payakumbuh tersebut, Sekretaris Derah (Sekda) Payakumbuh menyebut, bahwa pemerintah tengah memikirkan beberapa solusi terkait kondisi tersebut.

"Ke depan tentu pemerintah pasti akan memikirkan itu (penambahan lahan). Tapi karena keterbatasan anggaran, kita masih ada prioritas lain," jelas Rida Ananda. (*)