Rusak Keindahan, Bangunan Liar di Pantai Air Manis akan Ditertibkan

"Penertiban juga sejalan dengan akan dilaksanakan proyek pendestrian sepanjang bibir pantai hingga ke objek wisata Batu Malin Kundang oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)"
Bangunan liar di kawasan wisata Pantai Air Manis (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Keberadaan bangunan liar yang berdiri di bibir Pantai Air Manis berlokasi di daerah Pantai Air Manis, Kelurahan Aie Mani, Kecamatan Padang Selatan dikeluhkan wisatawan.

"Mengganggu keindahan, ditambah bangunan dari terpal itu berada dibadan pantai," ujar Dino (32) salah seorang pengunjung Pantai Air Manis, Senin, 19 Agustus 2019.

Merespon keluhan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Arfian mengaku, pihaknya akan melakukan penertiban bangun liar di Pantai Air Manis.

"Kami akan tertibkan semuanya, kemungkinan pada Minggu ketiga Agustus ini," kata Arfian.

Menurutnya, penertiban juga sejalan dengan akan dilaksanakan proyek pendestrian sepanjang bibir pantai hingga ke objek wisata Batu Malin Kundang oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Saat ini (proyek pedestrian) memasuki masa lelang, mungkin paling lambat awal September," terangnya.

Pihaknya meminta dan pedagang setempat ikut menyukseskan program dari Kementrian PUPR itu. Diharapkan pedagang yang terhambat aktivitasnya karena proses pengerjaan, untuk sementara waktu harus menerima jika dipindahkan ke lokasi sekitar yang tidak berjauhan.

"Kami sudah lakukan sosialisasi kepada masyarakat, alhamdulillah masyarakat mendukung, dan mau membongkar bangunannya sendiri. Sekitar satu bulan yang lalu sudah kita lakukan sosialisasinya," tukas Arfian. (*)