Warga Bayang Utara Pessel di Papua Minta Jaga Posisi Aman Terkait Kerusuhan di Manokwari

"terdapat sedikitnya 1.000 warga Bayang Utara hidup merantau di Papua"
Kerusuhan di Manokwari (net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kecamatan Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar meminta warganya yang berada di Papua tidak terprovokasi terkait insiden kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Camat Bayang Utara, Ronald Bernando mengungkapkan, hingga kini seluruh warga Pessel di Pulau Cendrawasih itu masih terkonfirmasi aman, dan diimbau untuk tidak terprovokasi terkait kerusuhan yang terjadi

"Kita mengimbau untuk selalu di posisi aman, utamanya di Manokwari," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF, Senin 19 Agustus 2019.

Berdasarkan data ia miliki, terdapat sedikitnya 1.000 warga Bayang Utara hidup merantau di Papua. Mereka tersebar di Manokwari, Mawena dan Jayapura.

"Untuk Manokwari sendiri, juga ada saudara kita di sana. Tapi, sudah konfirmasi ke keluarga yang di Puluik-puluik (Bayang Utara), memang masih mencekam tapi masih aman," sebutnya.

Sampai saat ini, Kata Ronald Bernando, pihaknya tetap berkomunikasi dengan perantau yang ada di sana untuk memastikan warga Bayang Utara yang ada di Papua dan sekitarnya benar terpantau.

"Kami berharap semua dapat terkendali," ujarnya.

Aksi demo massa di Manokwari-Papua Barat dikatakan merupakan buntut panjang atas peristiwa pengepungan dan penangkapan mahasiswa di Surabaya yang diduga melakukan perusakan terhadap bendera merah putih.

(Kiki Julnasri)