Sindir Pemda, Warga Aripan Solok Tanam Padi dan Memancing di Jalan

"Ruas jalan yang menghubungkan Nagari Aripan dan Paninjauan rusak parah sepanjang lebih kurang 4 kilometer"
Warga tanam padi di jalan (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Protes terhadap kondisi jalan yang sudah rusak parah, warga Nagari Aripan, Kabupaten Solok-Sumatera Barat menanami padi di sejumlah lobang besar di badan jalan.

Aksi yang dilakukan warga sekitar pada puncak perayaan HUT ke 74 Republik Indonesia tersebut merupakan buntut kekecewaan masyarakat lantaran jalan yang sudah rusak bertahun-tahun itu tidak kunjung diperbaiki.

Ruas jalan yang menghubungkan Nagari Aripan dan Paninjauan rusak parah sepanjang lebih kurang 4 kilometer. Apalagi kalau kondisi hujan, air akan menggenangi lubang-lubang jalan yang diameternya cukup lebar.

Bahkan, warga juga kerap menyindir pemerintah daerah setempat dengan aksi memancing ikan di lobang jalan yang digenangi air hujan. Warga menilai, pemerintah daerah sangat lamban dan kurang peduli dengan kondisi jalan yang sudah rusak parah.

Dengan aksi tersebut, warga berharap, pemerintah Kabupaten Solok memperbaiki jalan utama yang menghubungkan dua kecamatan di utara daerah berjuluk Bumi Markisah tersebut.

Diakui salah seorang warga setempat, Arcy, sebetulnya warga sudah sangat lama meminta pemerintah daerah untuk memperbaiki jalan. Apalagi, jalan tersebut menjadi jalur transportasi utama bagi warga.

"Aksi menanam padi, pisang dan memancing di lobang jalan ini sudah sering dilakukan warga sebagai bentuk protes kondisi jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki," sebut Arcy, Senin 19 Agustus 2019.

Namun, menurutnya, permintaan warga yang sudah lama mengajukan perbaikan masih belum tersentuh pemerintah. Kondisi jalan kian parah dan susah dilewati oleh kendaraan.

Disisi lain, Wali Nagari Aripan, Irwan mengakui kondisi jalan Nagari Aripan memang sudah sangat memprihatinkan. Bahkan warga sudah sering melakukan aksi menanam padi, pisang dan memancing untuk menarik perhatian Pemda.

Permintaan warga agar jalan diperbaiki sudah disampikan kepada pemerintah daerah. Namun menurutnya, dari informasi ... Baca halaman selanjutnya