Pemberian Obat Cacing di Sawahlunto Sasar 13 Ribu Lebih Anak

" untuk anak usia sekolah, pihaknya langsung terun ke sekolah-sekolah. Jika saat pemberian obat cacing ada anak yang tidak sekolah, petugas akan melakukan sweeping ke rumah-rumah oleh petugas dari Puskesmas"
Petugas Memberi Obat Cacing Kepada Salah Seorang Anak (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Penanggulangan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sawahlunto, Al Ansari mengatakan, anak usia 1 hingga 12 di Kota Sawahlunto akan diberi obat cacing secara gratis.

Pemberian obat cacing ini, lanjutnya, bertujuan untuk pencegahan massal kecacingan pada anak di Sawahlunto.

"Sekarang ini dalam pelaksanaan, sudah dimulai sejak 1 Agustus lalu, dan akan berakhir 31 Agustus nanti," katanya di Sawahlunto, Senin 19 Agustus 2019.

Ia menambahkan, untuk anak usia sekolah, pihaknya langsung terun ke sekolah-sekolah. Jika saat pemberian obat cacing ada anak yang tidak sekolah, petugas akan melakukan sweeping ke rumah-rumah oleh petugas dari Puskesmas.

"Sementara untuk anak bawah lima tahun (Balita) dilaksanakan di Posyandu masing-masing," ujarnya.

Lebih jauh ia mengatakan, dari data yang dihimpun oleh petugas, jumlah anak yang menjadi sasaran pemberian obat cacing sebanyak 13.304 anak.

"Kami optimis seluruh anak yang didata itu, menelan obat cacing yang kami berikan. Harapannya, semoga Kota Sawahlunto bebas dari kecacingan," tuturnya.(*)