384 Jemaah Haji Asal Pasbar Tiba di Kampung Halaman, Dua Orang Meninggal

Suasana di halaman Kantor Kemenag Pasbar saat Jemaah haji turun dari Bus disambut haru oleh pihak keluarga.
Suasana di halaman Kantor Kemenag Pasbar saat Jemaah haji turun dari Bus disambut haru oleh pihak keluarga. (Irfan Pasaribu/KLIKPOSITIF)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 384 jemaah haji kloter dua embarkasi asal Pasaman Barat telah sampai dengan selamat di Simpang Empat, Senin 19 Agustus 2019.

Kedatangan jemaah haji disambut dengan sholawat badar dan para keluarga tanah bumi tuah basamo itu.

Plt Bupati Pasaman Barat, Yulianto menyampaikan ucapan selamat datang kepada jemaah haji. "Selamat datang dan rasa syukur atas kepulangan jemaah haji yang telah sampai dalam keadaan selamat, semoga jadi haji yang mabrur," ucapnya.

Baca Juga

Dijelaskan, jumlah jemaah haji yang tiba di tanah air saat ini adalah 384 orang jemaah. Sebelumnya jemaah yang diberangkatkan ke tanah suci berjumlah 386 orang.

Dua orang jemaah haji asal Pasbar disampaikan meninggal dunia di tanah suci yakni atas nama Lazran asal Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dan Nurhayati dari Kecamatan Luhak nan Duo.

"Kami turut berduka terhadap jamaah kita yang meninggal dunia. Kepada keluarga yang wafat mengucapkan ucapan duka cita yang mendalam. Semoga diberikan ketabahan," ujarnya. 

Yulianto mengajak, semua peristiwa yang dialamai selama diperjalanan dan di tanah suci, jadi kan pengalaman untuk bahan renungan. Disamping itu, predikat haji yang disandang harus bisa menjadi suri tauladan di tengah-tengah masyarakat.

"Untuk penyelenggara haji, semoga diberikan limpahan pahala. Selain itu, penyelenggara semoga terus tingkatkan pelayanannya kedepan," ulasnya. .

Sementara Kabag Kesra Setdakab Pasbar menyampaikan, tiga orang jemaah mengalami sakit, namun ada 1 orang perlu perawatan. Alhamdulillah yang lainnya dalam keadaan sehat," jelas Hendrizal.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Pasbar H. Miswan menjelaskan selama berada di tanah suci, jemaah haji asal Pasbar mendapat pelayanan yang baik dari petugas kloter dan petugas haji Arab Saudi.

"Alhamdulillah. Berkat kepiawaian Pemda Pasbar dan PPIH, jemaah haji asal Pasbar dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dari petugas kloter selama berada di tanah suci.

Kita juga melihat bahwa jemaah haji Pasbar sudah begitu mandiri dalam melaksanakan ibadah haji. Jemaah sudah cerdas dan sudah memahami ilmu tentang haji. Kita berharap semuanya menjadi haji yang mabrur," harap Miswan. 

[Irfan Pasaribu]



Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Rezka Delpiera